UMM Institutional Repository

EFEKTIVITAS SOSIALISASI PARTISIPATIF PEMILIHAN PRESIDEN 2014 DI KALANGAN PEMILIH PEMULA (Studi pada murid kelas 3 SMA Al Arifa'ie Malang)

Maharani, Etika Devi Cita (2015) EFEKTIVITAS SOSIALISASI PARTISIPATIF PEMILIHAN PRESIDEN 2014 DI KALANGAN PEMILIH PEMULA (Studi pada murid kelas 3 SMA Al Arifa'ie Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-etikadevic-39666-2-babirtf.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-etikadevic-39666-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pengenalan tentang arti dari pemilu terhadap pemilih pemula tidak lepas dari bantuan pihak-pihak terkait yang berhubungan langsung dengan para pemilih pemula. Pengenalan atau sosialisasi yang dirasa lebih efektif terhadap pemilih pemula tersebut salah satunya melalui instansi pendidikan. Tujuan dari sosialisasi tersebut untuk meningkatkan antusiasme memilih di kalangan pemilih pemula agar mereka berantusias untuk mengikuti kegiatan pemilu dan paham dengan alur pemilu sehingga mereka mengerti bahwa peran mereka dalam kegiatan pemilu sangat besar untuk menentukan masa depan Bangsa Indonesia kedepannya. Berdasarkan data yang di paparkan pada Malang post.com edisi 7 april 2014, hampir 70 persen pemilih pemula di Malang Raya tidak mengerti mekanisme pemilu. Dari data tersebut dapat diketahui bahwa tingkat partisipasi pemilih pemula masih tergolong rendah. Melihat fenomena tersebut peneliti tertarik untuk mengetahui seberapa besar tingkat efektivitas sosialisasi pemilihan Presiden dan Wakil Presiden 2014 terhadap antusiasme memilih di kalangan pemilh pemula. Penelitian ini menggunakan teori efektivitas pesan, dengan jenis data kuantitatif dan tipe deskriptif. Data dikumpulkan melalui angket dan diolah menggunakan skala likert. Sampel dalam penelitian ini yaitu murid kelas 3 SMA Al-Rifa'ie Malang, dengan jumlah sampel 30 responden. Teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling. Teknik analisis data menggunakan uji mean. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa tingkat efektivitas sosialisasi pemilihan Presiden dan Wakil Presiden 2014 terhadap antusiasme memilih di kalangan pemilih pemula berada pada perhitungan total rata-rata (Mean) dengan hasil 3,07 dan masuk kedalam rentang skala efektif yakni berada pada rentangan 3,4 - 4,2. dapat disimpulkan bahwa sosialisasi pemilihan Presiden dan Wakil Presiden 2014 terhadap antusiasme memilih di kalangan pemilih pemula (studi pada 30 murid kelas 3 SMA Al-Rifa'ie Malang) berjalan efektif, sehingga sosialisasi tersebut dapat dijadikan acuan untuk meningkatkan antusias memilih di kalangan pemilih pemula.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: CKO Repository
Date Deposited: 24 Mar 2016 11:37
Last Modified: 19 Feb 2018 06:41
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/22339

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo