UMM Institutional Repository

IMPLEMENTASI KOMUNIKASI INSTRUKSIONAL GURU DAN MURID TUNAGRAHITA DALAM PROSES PEMBELAJARAN (Studi di Sekolah Dasar Luar Biasa Yayasan Eka Mandiri Kota Batu)

Rosmayanti, Fernanda (2015) IMPLEMENTASI KOMUNIKASI INSTRUKSIONAL GURU DAN MURID TUNAGRAHITA DALAM PROSES PEMBELAJARAN (Studi di Sekolah Dasar Luar Biasa Yayasan Eka Mandiri Kota Batu). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-fernandaro-39667-2-babi.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-fernandaro-39667-1-pendahul-..pdf

Download (605kB) | Preview

Abstract

Sekolah Dasar Luar Biasa Yayasan Eka Mandiri Kota Batu merupakan sarana pembelajaran yang memiliki peranan penting dalam membina anak-anak yang menyandang tunagrahita dan juga sekaligus berfungsi sebagai media untuk mengkomunikasikan pesan-pesannya antara guru dan murid tunagrahita dalam proses belajar mengajar. Dalam proses pembelajaran guru sangat bervariatif dalam berkomunikasi dengan anak tunagrahita yang tidak hanya sekali mereka memahami komunikasi yang terjalin, akan tetapi butuh beberapa kali dengan berbagai metode yang berbeda sampai mereka benar-benar memahami komunikasi instruksional yang berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan mendeskripsikan implementasi komunikasi instruksional guru dengan murid tunagrahita sedang dalam proses pembelajaran. Untuk mengeksplorasi dan mendeskripsikan metode komunikasi instruksional guru dengan murid tunagrahita sedang dalam proses pembelajaran. Untuk mengeksplorasi dan mendeskripsikan faktor-faktor pendukung dan penghambat implementasi komunikasi instruksional guru dengan murid tunagrahita sedang dalam proses pembelajaran di Sekolah Dasar Luar Biasa Yayasan Eka Mandiri. Pendekatan teori dalam penelitian ini adalah Komunikasi instruksional berarti komunikasi yang bersifat perintah. Pembicaraan komunikasi instruksional tidak bisa lepas dari pembahasan mengenai kata atau instruksional itu sendiri. Apa dan bagaimana komunikasi instruksional serta tujuan-tujuan yang mungkin bisa dicapai dalam system komunikasi instruksional. Penelitian ini dikaji dengan menggunakan pendekatan kualitatif karena mengangkat fenomena komunikasi instruksional antara guru dan murid tunagrahita dalam proses pembelajaran. Maka dengan tipe penelitian yang deskriptif yaitu menjawab rumusan masalah dengan mendeskripkannya. Hasil penelitian menunjukan bahwa Implementasi komunikasi instruksional guru dengan murid tunagrahita sedang dalam proses pembelajaran di Sekolah Dasar Luar Biasa Yayasan Eka Mandiri adalah menggunakan model permainan (tema: diriku ; sub tema: aku dan teman baruku). Siswa diajak untuk berkenalan melalui permainan, seperti lempar tangkap bola. Karena itu komunikasi instruksional guru dengan murid tunagrahita melakukan komunikasi verbal (berinteraksi dengan menerangkan, bercerita dengan lisan ) dan komunikasi dan non verbal (berinteraksi dengan gerakan tubuh, kontak mata) agar penyampaian materi dapat diterima secara efektif oleh murid. Metode komunikasi instruksional guru dengan murid tunagrahita sedang dalam proses pembelajaran di Sekolah Dasar Luar Biasa Yayasan Eka Mandiri Kota Batu adalah menggunakan metode ceramah, tanya jawab, karya wisata, bermain peran, demonstrasi, permainan, penugasan. Beberapa metode ini digunakan agar komunikasi instruksional efektif dan dapat diterima secara baik bagi murid tunagrahita. Faktor-faktor pendukung dan penghambat implementasi komunikasi instruksional guru dengan murid tunagrahita sedang dalam proses pembelajaran di Sekolah Dasar Luar Biasa Yayasan Eka Mandiri Kota Batu adalah pembelajaran yang diulang-ulang, pengamatan langsung, praktek dan pemberian reward. Sedangkan kendala yang selama ini menghalangi keberhasilan dalam proses belajar mengajar adalah karena di dalam satu ruangan ada beberapa kelas jadi ketika proses belajar mengajar berlangsung kadang terlalu gaduh, karena siswa saling sahut menyahut. Upaya untuk meminimalisir yaitu dengan mengelompokkan tempat duduk atau mengatur posisi, memilih metode yang tepat sehingga suasana kelas kondusif dan penggunaan alat peraga yang variatif. Kesimpulannya adalah implementasi komunikasi instruksional guru dengan murid tunagrahita sedang dalam proses pembelajaran di Sekolah Dasar Luar Biasa Yayasan Eka Mandiri adalah menggunakan model permainan, baik dengan komunikasi verbal dan komunikasi non verbal. Metode komunikasi instruksional melalui ceramah, tanya jawab, karya wisata, bermain peran, demonstrasi, permainan, penugasan. Faktor-faktor pendukungnya adalah pembelajaran yang diulang-ulang, pengamatan langsung, praktek dan pemberian reward. Sedangkan kendalanya adalah siswa terlalu gaduh, karena siswa saling sahut menyahut.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: CKO Repository
Date Deposited: 24 Mar 2016 11:32
Last Modified: 24 Mar 2016 11:32
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/22335

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo