UMM Institutional Repository

KECENDERUNGAN PESAN KASIH SAYANG DALAM FILM BIDADARI-BIDADARI SURGA (Analisis Isi PadaTokohLaisaDalamFilm Bidadari-bidadariSurga Karya Sony Gaokasak)

Saraswati, Gita (2015) KECENDERUNGAN PESAN KASIH SAYANG DALAM FILM BIDADARI-BIDADARI SURGA (Analisis Isi PadaTokohLaisaDalamFilm Bidadari-bidadariSurga Karya Sony Gaokasak). Other thesis, university of muhammadiyah malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-gitasarasw-39668-2-babi.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-gitasarasw-39668-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Perkembangan seni film di Indonesia mempunyai sisi kemajuan yang sangat pesat dan saat ini perfilman di negeri Indonesia sudah mampu menunjukkan keberhasilannya untuk menampilkan film yang lebih dekat dengan budaya bangsa Indonesia. Di antaranya keanekaragaman film yang disajikan di layar lebar yang bersifat menyentuh dan memiliki beribu pesan moral yang baik yang dapat menjadi acuan serta pembelajaran untuk masyarakat demi kehidupan yang lebih baik. Film Bidadari-bidadari Surga adalah salah satu film karya anak bangsa yang cukup peka dalam mengangkat sebuah tema sosial. Bercerita tentang kehidupan Kak Laisa (Nirina Zubir) beserta empat adiknya yang masih kecil serta Mamak Lanuri di Lembah Lahambay yang indah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui frekuensi kemunculan tindakan berdasarkan perilaku dan dialog pada kasih sayang untuk keluarga, kasih sayang untuk sesama, dan kasih sayang untuk Tuhan. Dan untuk mengetahui kemunculan kasih sayang yang paling dominan dalam film Bidadari-Bidadari Surga. Penelitian ini menggunakan metode analisis isi yang bersifat kuantitatif. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan dapat disimpulkan dalam film ini bahwa kategorisasi berdasarkan perilaku yang muncul paling sering atau paling dominan pertama adalah kasih sayang terhadap keluarga yang muncul sebanyak 21 kali atau (50%). Yang kedua adalah kasih sayang terhadap sesama dan kasih sayang terhadap lingkungan yang kemunculannya berjumlah sama yaitu 10 kali atau (23,8%). Yang terakhir atau kategorisasi yang kemunculannya paling jarang berdasarkan perilaku adalah kasih sayang terhadap tuhan dengan kemunculan hanya 1 kali atau (2,4%) dari total 830 shot dalam film Bidadari-Bidadari Surga. Sedangkan pada kategorisasi berdasarkan dialog yang muncul paling sering atau paling dominan pertama adalah kasih sayang terhadap keluarga yang muncul sebanyak 11 kali atau (47,9%). Yang kedua adalah kasih sayang terhadap sesame yang muncul sebanyak 7 kali atau (30,4%). Yang ketiga adalah kasih sayang terhadap lingkungan yang muncul sebanyak 4 kali atau (17,4%). Dan yang terakhir atau yang kemunculannya paling jarang adalah kasih sayang terhadap tuhan dengan kemunculan hanya 1 kali atau (4,3) dari total 86 scene pada film Bidadari-Bidadari Surga. Sehingga dalam film bertemakan sosial yang disutradarai oleh Sony Gaokasak ini lebih banyak mengandung pesan kasih sayang yaitu kasih sayang terhadap keluarga yang muncul dalam perilaku maupun dialoognya. Kasih sayang yang digambarkan di dalam film ini terasa begitu tulus dan memberi pembelajaran bagi kita selaku makhluk sosial agar dapat membangun hubungan yang baik dengan keluarga, orang lain, lingkungan sekitar, dan tentunya kepada Tuhan yang telah menciptakan manusia sebagai satu-satunya mahluk yang paling sempurna di dunia.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: CKO Repository
Date Deposited: 24 Mar 2016 11:31
Last Modified: 24 Mar 2016 11:31
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/22334

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo