UMM Institutional Repository

ONLINE SELF DISCLOSURE DALAM KOMUNIKASI KELOMPOK (Studi Akun Path Dari Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang Angkatan 2011)

Saputra, I Gede Restu Agung (2015) ONLINE SELF DISCLOSURE DALAM KOMUNIKASI KELOMPOK (Studi Akun Path Dari Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang Angkatan 2011). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-igederestu-39669-2-babi.pdf

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-igederestu-39669-1-pendahul-n.pdf

Download (502kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul Online Self Disclosure dalam Komunikasi Kelompok dengan sub judul Studi Akun Path dari Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang Angkatan 2011. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui fenomena perilaku pengungkapan diri melalui media sosial Path dalam hubungan komunikasi kelompok yang terjalin pada lingkup pertemanan di dalam media sosial. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif interpretatif melalui pendekatan kualitatif dengan tujuan untuk menginterpretasikan perilaku pengungkapan diri dalam bentuk postingan teks komentar, berbagi pesan melalui foto dan gambar dari akun Path Mahasiswa Ilmu Komunikasi angkatan 2011. Peneliti menggunakan teori Johari Window yang dikemukakan oleh Joseph Luft untuk membuktikan adanya jendela terbuka pada perilaku pengungkapan diri pengguna media sosial Path. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang angkatan 2011 yang terhubung pada pertemanan media sosial yang secara aktif menggunakan Path hingga penelitian ini dibuat. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa perilaku pengungkapan diri (online self disclosure) pada mahasiswa Ilmu Komunikasi angkatan 2011 dari akun pribadi pengguna Path yang terhubung pada batasan pertemanan sebanyak lima ratus pengguna. Aktivitas komunikasi kelompok yang terjalin menjadikan revitalisasi hubungan pertemanan sesama pengguna baik di dunia nyata dan di dunia maya dari pesan-pesan yang dibagikannya. Timbulnya sikap online self disclosure (pengungkapan diri) dilandasi atas sikap keterbukaan diri diantara pengguna-pengguna Path lainnya yang menjadikan adanya pertukaran informasi aktivitas pengguna sehari-hari, entertainment (hiburan) dan informasi lain yang dibutuhkan oleh pengguna media sosial Path.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: CKO Repository
Date Deposited: 24 Mar 2016 11:29
Last Modified: 24 Mar 2016 11:29
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/22331

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo