UMM Institutional Repository

Motivasi Menonton Program Entertainment and Sports Programming Network Football Club Indonesia di NET TV (Studi Deskriptif pada Komunitas Sepakbola "United Indonesia Chapter Malang")

Putra, Muhammad Editya Wahyu Pratama (2015) Motivasi Menonton Program Entertainment and Sports Programming Network Football Club Indonesia di NET TV (Studi Deskriptif pada Komunitas Sepakbola "United Indonesia Chapter Malang"). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-muhammaded-39671-2-bab1.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-muhammaded-39671-1-pendahul-x.pdf

Download (764kB) | Preview

Abstract

Program-program yang ditayangkan oleh televisi sangat beragam, semakin banyak program acara televisi yang disuguhkan kepada pemirsa maka akan semakin meningkat pula pilihan pemirsa dalam hal penggunaan media televisi. Beragam alternatif tayangan televisi yang disajikan televisi dapat dipilih oleh masyarakat sesuai keinginannya dengan tujuan memenuhi kebutuhan akan informasi, pendidikan, maupun hiburan. Persaingan antar televisi dalam menyajikan program acara menguntungkan pemirsa, dimana pemirsa mempunyai kebebasan memilih program televisi yang dapat memenuhi kebutuhannya. Objek penelitian ini adalah program ESPN FC Indonesia yang ditayangkan oleh NET TV. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Peneliti membuat deskripsi secara sistematis, faktual dan akurat tentang fakta-fakta dan sifat-sifat populasi atau objek tertentu. Peneliti sudah mempunyai konseptual (landasan teori) dan bertindak sebagai fasilitator dalam melakukan operasionalisasi konsep yang akan menghasilkan variabel beserta indikatornya. Ada 5 informan utama dan 3 informan pendukung yang menjadi sumber informasi dalam penelitian ini, yang dipilih yaitu 5 orang dari Komunitas United Indonesia chapter Malang yang disaring lewat kriteria seperti pernah menonton acara ESPN FC Indonesia serta menjadi anggota minimal selama 1 tahun (bisa dilihat pada metode menetukan informan). Adapun 3 informan pendukung ini merupakan penonton acara ESPN FC yang non komunitas United Indonesia chapter Malang yang memenuhi kriteria untuk menjadi informan penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa awal mula informan suka menonton acara ESPN FC Indonesia dikarenakan acara tersebut sesuai dengan kebutuhan dan latar belakang mereka yang ingin mengetahui berita terupdate masalah sepakbola dalam maupun luar negeri. Dalam menghadapi suatu fenomena, yang menjelaskan alasan peneliti melakukan penelitian tentang motif-motif dalam menonton program ESPN FC Indonesia sudah sewajarnya ada berbagai macam motif dari informan yang berbeda-beda tentang motif mereka dalam menonton acara tersebut, dari 8(delapan) informan yang diteliti. Pertama peneliti akan menjelaskan dari segi keinginan untuk mendapatkan kepuasan. Alasan apa sehingga mendorong mereka menonton acara ESPN FC Indonesia. Dari berbagai program yang ditayangkan di televisi, audiens memilih menonton program ESPN FC Indonesia karena sesuai dengan kebutuhannya. Di sini audiens menentukan program televisi apa yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan akan informasi, hiburan, integrasi sosial, dan identitas pribadi mereka. Audiens menggunakan media televisi (program televisi) untuk mencari dan mendapatkan informasi. Dengan adanya program ESPN FC Indonesia menghadirkan berbagai informasi-informasi baru seputar berita sepakbola dalam maupun luar negeri, dan audiens merasa mendapatkan informasi. Program ESPN FC Indonesia juga menghadirkan hiburan bagi audiens. Dengan kata lain bahwa audiens secara aktif memilih dan menggunakan media televisi (program televisi) untuk memenuhi sebagian kebutuhannya yaitu kebutuhan untuk mendapatkan informasi.. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media massa dalam hal ini yaitu memilih program televisi oleh audiens memperlihatkan akan pentingnya media massa terutama media televisi lebih spesifik program televisi dalam hal memberikan kepuasan kepada sejumlah audiens untuk memperoleh informasi maupun hiburan yang dibutuhkan. Dari hasil penelitian, peneliti memperoleh motif yang paling menonjol dalam program ESPN FC Indonesia ini adalah motif akan kebutuhan informasi yang up to date tentang berita-berita dunia sepakbola dalam maupun luar negeri. Dan kebutuhan akan hiburan menjadi urutan dibawah motif akan kebutuhan informasi. Dalam program televisi ESPN FC Indonesia, kemasan yang menarik menjadikan motif audiens untuk menonton program televisi tersebut. Adapun faktor kemasan program ESPN FC Indonesia tersebut adalah berita yang update, narasumber yang memberikan penjelasan secara detail dan konsep acara yang berbeda dari tayangan sport lainya yang ditayangkan beberapa televisi swasta lainnya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: CKO Repository
Date Deposited: 24 Mar 2016 11:24
Last Modified: 20 Feb 2018 05:57
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/22327

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo