UMM Institutional Repository

Konstruksi Media Online Terhadap Pemberitaan Kebun Binatang Surabaya (Analisis Framing pada Portal Berita Dailymail.com, Nytimes.com, News.com.au dan Detik.com Tentang Kasus Kematian Satwa Tahun 2014)

Saraswati, Aldila Fitri (2015) Konstruksi Media Online Terhadap Pemberitaan Kebun Binatang Surabaya (Analisis Framing pada Portal Berita Dailymail.com, Nytimes.com, News.com.au dan Detik.com Tentang Kasus Kematian Satwa Tahun 2014). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-aldilafitr-39884-2-babi.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-aldilafitr-39884-1-pendahul-n.pdf

Download (509kB) | Preview

Abstract

Sebuah pemberitaan, media massa khususnya media online memiliki sudut pandang yang berbeda dalam melakukan pemberitaan, seperti yang dilakukan media Detik.com, Dailymail, Nytimes, News.com dalam mengkonstruksi pemberitaan tentang kasus kematian satwa di KBS pada tahun 2014. Media memiliki tujuan dalam setiap pemberitaannya. Berdasarkan latar belakang yang ada maka tujuan penelitian adalah untuk membandingkan bagaimana konstruksi yang dibentuk oleh media online internasional (Dailymail.com, Nytimes.com, dan News.com) dan media online lokal (Detik.com) membingkai pemberitaan mengenai kebun binatang Surabaya terkait dengan kasus kematian satwa tahun 2014. Landasan Teoritik dalam penelitian ini adalah media massa dan konstruksi media atas realitas merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan, karena terdapat bias pesan ditengah realitas sosial tersebut. Selain itu untuk mengetahui pengaruh isi pesan digunakan hirarki level konteks, dimana level-level tersebut yag mempengaruhi teks media. Tidak hanya itu, digunakan juga konsep framing untuk mengurangi makna dibalik teks. Dari setiap pemaknaan dalam berita maka digunakan juga framing dan ideologi, oleh sebab itu pemberitaan tidak dapat lepas dari pengaruh relasi kekuasaan dalam media. Peneliti menggunakan analisis framing dengan pendekatan kualitatif interpretatif dimana dalam pendekatan ini hasil penelitian tergantung dari data temuan yang peneliti lakukan. Kemudian dari beberapa tokoh dalam analsis framing, peneliti cenderung menggunakan model Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosiscki. Hal ini karena struktur yang dimiliki lebih lengkap dibandingkan dengan model yang lain. Dalam model framing ini, dibagi menjadi empat struktur besar, yaitu sintaksis, skrip, tematik, dan retoris. Hasil penelitian menunjukkan bahwa framing yang dilakukan Detik.com hanya menampilkan jumlah satwa yang mati selama bulan Februari 2014 serta alasan kematian hewan. Berbeda framing yang dilakukan oleh DailyMail.com yang menyebutkan KBS dengan istilah zoo of death dan menampilkan gambar satwa yang sangat memprihatinkan. Sedangkan framing yang dilakukan Nytimes.com memiliki kelengkapan unsur berita 5W+1H dan lebih menggunakan narasumber sebagai pusat informasi dan terakhir framing yang dilakukan oleh News.com adalah melabeli KBS dengan istilah IndonesiaÂ’s nighmare zoo dan lebih memberitakan skandal yang terjadi di KBS.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: CKO Repository
Date Deposited: 24 Mar 2016 10:33
Last Modified: 24 Mar 2016 10:33
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/22300

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo