UMM Institutional Repository

PEMAKNAAN MODEL KOMUNIKASI DAKWAH USTADZ ANWAR ZAHID DIKALANGAN MASYARAKAT PEDESAAN (STUDI RESEPSI PADA MASYARAKAT DESA SUMBERGEDHE RT 02 / RW 01, KEC. KEPOHBARU, KAB. BOJONEGORO)

PRASOJO, AMIRUL AKMAL (2015) PEMAKNAAN MODEL KOMUNIKASI DAKWAH USTADZ ANWAR ZAHID DIKALANGAN MASYARAKAT PEDESAAN (STUDI RESEPSI PADA MASYARAKAT DESA SUMBERGEDHE RT 02 / RW 01, KEC. KEPOHBARU, KAB. BOJONEGORO). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-amirulakma-39886-2-babi.pdf

Download (272kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-amirulakma-39886-1-pendahul-n.pdf

Download (466kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari munculnya komunikasi dakwah ustadz Anwar Zahid yang belakangan ini menyita banyak perhatian masyarakat di wilayah Jawa Tengah dan khususnya di wilayah Jawa Timur. Dalam berdakwah, para pendakwah atau daÂ’i menggunkanan cara persuasif untuk mengajak pendengarnya untuk melakukan perubahan dalam hal meningkatkan kualitas beribadahnya agar lebih baik lagi. Begitupun yang dilakukan oleh ustadz Anwar Zahid dalam dakwahnya. Dengan cara persuasif mengajak masyarakat untuk melakukan perubahan. Tetapi model komunikasi persuasif atau dalam ilmu agama Islam disebut mauÂ’izatul hasanah yang digunakan oleh ustadz Anwar Zahid dikemas dengan gaya penyampaian yang humoris. Sehingga itu semua membuat orang tertarik dan selalu memperhatikan pesan agama yang disampaikan dalam dakwahnya.Dengan tujuan untuk mengetahui makna penonton tentang model komunikasi dakwah ustadz Anwar Zahid dengan menggunakan studi resepsi, khalayak dapat menginterpretasikan makna yang diambil melalui sudut pandang mereka sebagai khalayak aktif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori khalayak aktif dan melalui metode kualitatif dimana data yang digunakan merupakan data kualitatif (data yang tidak terdiri dari angka-angka) melainkan berupa kata-kata dari subjek penelitian. Dengan metode studi resepsi, yang memfokuskan pada teks media dan pemaknaan yang dilakukan oleh khalayak. Dengan mendapatkan tujuh orang subjek penelitian yang ditentukan melalui purposiv sampling telah mampu menjelaskna bagaimana audiens di masyarakat Ds. Sumbergedhe RT/RW 02/01 Kec. Kepohbaru, Kab. Bojonegoro tentang model komunikasi dakwah ustadz Anwar Zahid. Data didapatkan dengan teknik FGD (Focus Group Discussion) daninterview. Kemudian dilakukan analisis dengan penjelasan apa yang telah diungkapkan oleh masing-masing subyek penelitian. Dari hasil penelitian ditemukan 3 kategori pemaknaan penonton tentang model komunikasi dakwah ustadz Anwar Zahid. Pertama, penonton dengan kategori dominant, dalam posisi ini kode-kode yang disampaikan oleh peneliti dapat diteriman atau terjadi kesamaan oleh subjek penelitian. Dalam posisi ini subjek penelitian kebanyakan menerima bahwa model komunikasidakwah ustadz Anwar Zahid penuh dengan humor dan gaya bicara yang ceplas-ceplos tetapi mereka setuju dengan apa yang dilakukan oleh ustadz Anwar Zahid. Sedangkan yang kedua, penonton dalam kategori negoisasi. Dalam posisi ini, subjek penelitian menggunakan kepercayaan dan keyakinannya untuk menerima kode yang diberikan oleh peneliti dan memodifikasi dengan keyakinan yang subjek penelitian inginkan. Mereka menyadari bahwa dakwah ustadz Anwar Zahid penuh dengan humor yang bisa berpengaruh negatif pada penonton dan mereka menerimanya dengan memahami bahwa humor dalam dakwah ustadz Anwar Zahid bisa berdampak negatif apabila penonton tidak mencernanya dengan baik. Yang terakhir adalah kategori opisisi. Mereka yang termasuk dalam posisi ini kebanyakan tidak setuju atau menolak bahwa humor yang ada pada dakwah ustadz Anwar Zahid bisa berdampak negatif bagi penonton. Maka dapat diartikan disini, seluruh subjek penelitian merupakan audiens aktif. Dengan kata lain mereka tidak hanya berperan sebagai konsumen, tetapi juga produsen yang turut aktif menciptakan makna dari sebuah media. Karena mereka secara aktif melakukan makna yang terdapat didalam model komunikasi dakwah ustadz Anwar Zahid berdasarkan latar belakang budaya dan sosial mereka masing-masing. Masyarakat Ds. Sumbergedhe RT/RW 02/01 Kec. Kepohbaru, Kab. Bojonegoro sebagai khalayak aktif telah mampu mengungkapkan makna dalam sebuah dakwah ustadz Anwar Zahid dengan dipengaruhi oleh banyak faktor dalam diri informan. Berbagai hal tersebutlah yang mempengaruhi mereka dalam memaknai sebuah dakwah dan membuat mereka dapat dikategorikan kedalam kelompok dominant, negoisasi dan oposisi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: CKO Repository
Date Deposited: 24 Mar 2016 10:32
Last Modified: 24 Mar 2016 10:32
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/22299

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo