UMM Institutional Repository

PENERAPAN KOMUNIKASI NONVERBAL GERAK TUBUH GURU DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR PADA ANAK TUNARUNGU (Studi Pada Guru SMALB Negeri Kota Banyuwangi)

Prabowo, Cahyo (2015) PENERAPAN KOMUNIKASI NONVERBAL GERAK TUBUH GURU DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR PADA ANAK TUNARUNGU (Studi Pada Guru SMALB Negeri Kota Banyuwangi). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-cahyoprabo-39889-2-babi.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-cahyoprabo-39889-1-pendahul-n.pdf

Download (771kB) | Preview

Abstract

Sekolah Menengah Atas Luar Biasa Negeri (SMALBN) Banyuwangi merupakan salah satu sekolah luar biasa negeri tingkat SMA pertama di Jawa Timur, yang juga mewadahi anak penyandang tunarungu (Surya 2009). Dalam praktik pembelajarannya, salah satu pola komunikasi yang digunakan terhadap anak tunarungu memakai gerak tubuh. Berdasarkan hasil observasi mayoritas guru di SMALBN Banyuwangi, menggunakan isyarat dengan anggota tubuh seperti kepala, mata, bibir, tangan, jari serta alat peraga dalam berkomunikasi dengan anak tunarungu, baik dalam proses pembelajaran di kelas maupun di luar kelas. Maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan komunikasi nonverbal gerak tubuh guru pada anak tunarungu di Sekolah Menengah Atas Luar Biasa Negeri (SMALBN) Banyuwangi? Pendekatan teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori komunikasi nonverbal adalah komunikasi yang menggunakan pesan–pesan nonverbal. Menurut Knapp, istilah nonverbal biasanya digunakan untuk melukiskan semua peristiwa komunikasi di luar kata-kata terucap dan tertulis (Effendy, 2002). Peneliti menggunakan jenis kualitatif, dengan metode deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun subyek penelitian dalam penelitian ini, yaitu Guru anak tunarungu di SMALBN Banyuwangi. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan komunikasi nonverbal gerak tubuh guru pada anak tunarungu di Sekolah Menengah Atas Luar Biasa Negeri (SMALBN) Banyuwangi sebagian besar guru di SMALBN Banyuwangi, menggunakan komunikasi nonverbal gerak tubuh tipe illustrator, karena lebih mudah diajarkan pada anak dan rujukannnya juga jelas. Selain itu tipe komunikasi emblim juga diterapkan di Sekolah Menengah Atas Luar Biasa Negeri (SMALBN) Banyuwangi, misalnya Iya, tidak, Saya, kamu, Tirukan, lebih keras, Ngomong, semangat, Jangan ramai, Tetap di kelas. Kemudian penerapan teknik komunikasi tipe regulator pada anak penyandang tunarungu, seperti gerakan yang berfungsi mengarahkan, mengawasi, mengkoordinasi, interaksi dengan seksama. Sebagai contoh, guru menggunakan kontak mata sebagai tanda untuk memperhatikan siswa yang sedang berbicara dan mendengarkan siswa lain. Bentuk pernyataannya seperti Hsst, mmm, Mengedipkan mata, Mengerutkan muka, Menarik bibir ke bawah, Tersenyum.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: CKO Repository
Date Deposited: 24 Mar 2016 10:27
Last Modified: 24 Mar 2016 10:27
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/22293

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo