UMM Institutional Repository

PENGARUH MOTIF PENGGUNAAN MEDIA TERHADAP KEPUASAN DALAM MENGGUNAKAN MEDIA SOSIAL PATH (Studi Pada Mahasiswa Jurusan Elektro Angkatan Tahun 2013 Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Malang)

Puspitasari, Desy (2015) PENGARUH MOTIF PENGGUNAAN MEDIA TERHADAP KEPUASAN DALAM MENGGUNAKAN MEDIA SOSIAL PATH (Studi Pada Mahasiswa Jurusan Elektro Angkatan Tahun 2013 Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-desypuspit-39890-1-pendahul-n.pdf

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-desypuspit-39890-2-babi.pdf

Download (146kB) | Preview

Abstract

Tidak sedikit individu yang lebih nyaman untuk berkomunikasi melalui dunia maya padahal mereka mampu terlibat secara langsung pada dunia nyata atau bisa dikatakan sebenarnya berada dalam suatu wilayah yang sama secara nyata. Media Sosial atau sosial media adalah istilah yang digunakan untuk beraktivitas dan berinteraksi sosial dengan memanfaatkan teknologi internet. Sebagian orang menyebut sosial media adalah conversation atau percakapan. Jaman sekarang, media sosial yang menarik untuk digunakan adalah Path, salah satu contoh media sosial baru yang memiliki fitur-fitur menarik yang tidak dimiliki oleh media sosial yang lain. Path merupakan aplikasi jurnal pribadi, yang diluncurkan pada bulan November 2010 dan memiliki fitur-fitur lebih menarik yang dapat diakses oleh pengguna,contohnya pengguna path dapat mendengarkan musik, mencari buku favorit yang diinginkan, bahkan pengguna sedang tidur atau sudah bangun. Pada awalnya Path hanya membatasi jumlah teman sebanyak 150 orang, tetapi pada awal maret 2014 lalu ditambah kuota pertemanan mencapai 500 orang. Adapun teori yang digunakan peneliti dalam penelitian ini yaitu teori uses and gratification. Dalam teori ini ditekankan bahwa khalayak berperan aktif dalam menentukan media mana yang akan dipilih untuk memenuhi kebutuhannya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, karena data yang dikelola menggunakan angka-angka. Pendekatan yang dipilih adalah menggunakan survei korelasi yang mengambil sampel dari suatu populasi sehingga penelitian ini dapat menjelaskan pengaruh hubungan motif komunikasi dengan tingkat kepuasan dalam menggunakan media sosial path. Sedangkan pengumpulan data, menggunakan teknik total sampling. Responden penelitian pada penelitian ini berjumlah 42 orang mahasiswa jurusan Teknik Elektro yang terdiri dari 1 orang mahasiswi dan 41 orang mahasiswa, untuk itu peneliti menggunakan teknik total sampling. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam proses berkomunikasi menggunakan media sosial path, terdapat beberapa indikator motif dan kepuasan didalamnya, yaitu keinginan untuk mencari dan mendapatkan informasi, untuk mendapatkan hiburan, untuk menunjukkan identitas pribadi dan untuk berintegrasi dan interaksi sosial. Setelah motif terpenuhi, maka pengguna baru akan merasakan puas atau tidak. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa benar adanya pengaruh motif komunikasi terhadap kepuasan dalam menggunakan media sosial path. Selain itu hasil dari penyebaran kuesioner menunjukkan bahwa sebagaian besar pengguna media sosial tertarik menggunakan path karena ingin dianggap gaul dan mengikuti trend perkembangan jaman. Hasil penelitian menyatakan bahwa pengguna lebih condong untuk mendapatkan informasi sesama pengguna path melalui akun tersebut. Jika motif mendapatkan informasi telah terpenuhi, maka pengguna akan merasa terpuaskan menggunakan path tersebut. Untuk itu benar adanya jika dalam penelitian ini menggunakan teori uses and gratification, dimana memang pengguna atau khalayak berperan aktif dalam menentukan media yang akan dipilih dalam memenuhi kebutuhan dan kepuasannya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: CKO Repository
Date Deposited: 24 Mar 2016 10:24
Last Modified: 24 Mar 2016 10:25
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/22290

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo