UMM Institutional Repository

KETERBUKAAN DALAM RELASI ANTARPERSONAL UNTUK MENGHINDARI KONFLIK DALAM PERSAHABATAN ( Studi deskriptif terhadap siswa SMK Islam Batu Jawa Timur )

Gangga, Dewi Wahyanti (2015) KETERBUKAAN DALAM RELASI ANTARPERSONAL UNTUK MENGHINDARI KONFLIK DALAM PERSAHABATAN ( Studi deskriptif terhadap siswa SMK Islam Batu Jawa Timur ). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-dewiwahyan-39891-2-babi.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-dewiwahyan-39891-1-pendahul-n.pdf

Download (407kB) | Preview

Abstract

Hubungan persahabatan apabila gagasan, ide maupun tanggapan tidak diterima oleh anggota lainnya, akan terjadi konflik antarpribadi. Konflik antarpribadi sering muncul dalam kalangan hubungan persahabatan dikarenakan perbedaan persepsi, gagasan dari anggota lainnya. Konflik sering kali berakhir karena adanya penundaan bukan penyelesaian dan sewaktu-waktu akan muncul kembali dikarenakan dendamnya belum sempat hilang. Tetapi dengan adanya strategi komunikasi antarpersonal, maka setiap konflik dalam hubungan persahabatan itu bisa terselesaikan dengan adanya suatu keterbukaan dari anggota yang lain untuk mencari sebab-sebab terjadinya konflik dan berakhir dengan penyelesaian. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui strategi sikap keterbukaan yang dilakukan oleh siswa SMK Islam kota Batu untuk menghindari konflik dalam hubungan persahabatan. Pendekatan penelitian ini menggunakan kualitatif dan tipe dalam penelitian ini adalah deskriptif. Penelitian ini menggunakan model analis data dari Miles dan Huberman yaitu model analisis interaktif, dimana dalam metode ini terdapat 3 komponen analisis, yaitu : reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Selanjutnya analisis dilakukan dengan memadukan (secara interaktif) ketiga komponen utama tersebut. Pelaksanaan teknik pemeriksaaan didasarkan atas sejumlah kriteria tertentu. Ada empat kriteria yang digunakan yaitu derajat kepercayaan (Credibelity), keteralihan (transferability), Kebergantungan (dependability), Dan kepastian (Confirmability) Hsil analisis dapat diketahui proses terjadinya konflik yaitu karena adanya proses pertemanan sehingga aktivitas yang dilakukan rawan terjadinya konflik. Konflik yang terjadi lebih dikarenakan karena adanya permasalahan mengenai permasalahan dalam aktivitas pergaulan yang dapat menyinggung perasaan, adanya proses untuk mengejek sesama siswa, melakukan hasutan kepada teman yang dilakukan oleh pihak ketiga, adanya rasa tidak suka dan adanya kesalahan dalam berkomunikasi yaitu misalnya kesalahpahaman dalam penerimaan informasi atau pesan. Proses penyelesaian konflik yang dilakukan selama ini yaitu dengan melakukan pendekatan dengan pihak yang mengalami konflik sehingga permasalahan dapat diselesaikan dengan jalan yang tepat sehingga tidak merugikan pihak-pihak yang terkait terjadinya konflik sehingga permasalahan konflik yang terjadi dapat diselesaikan. Sikap keterbukaan dalam relasi antarpersonal yang dilakukan oleh siswa SMK Islam Batu untuk menghindari konflik dalam persahabatan. Adanya sikap keterbukaan dapat terhindar dampak dari terjadi konflik yang dapat merugikan pertemanan mereka.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: CKO Repository
Date Deposited: 24 Mar 2016 10:22
Last Modified: 24 Mar 2016 10:22
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/22288

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo