UMM Institutional Repository

OPTIMALISASI RUTE PENGANGKUTAN SAMPAH DENGAN PENDEKATAN VEHICLE ROUTING PROBLEM TIME WINDOWS (VRPTW) (Studi Kasus : Kota Gorontalo)

HASAN, FADLAN T. (2016) OPTIMALISASI RUTE PENGANGKUTAN SAMPAH DENGAN PENDEKATAN VEHICLE ROUTING PROBLEM TIME WINDOWS (VRPTW) (Studi Kasus : Kota Gorontalo). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kota Gorontalo merupakan kota yang pernah meraih adipura kota sedang terbersih tahun 2006. Terdapat empat perguruan tinggi besar dikawasan teluk tomini yang secara langsung berdampak pada bertambahnya jumlah penduduk. Bertambahnya jumlah hunian berupa kos-kosan berbanding lurus dengan jumlah sampah yang dihasilkan. Kurang seriusnya dinas terkait dalam menangani sampah terlihat dari masih menumpuknya sampah di wadah komunal. Pemerintah Kota melalui Badan Lingkungan Hidup mengeluarkan kebijakan tentang pelayanan pengangkutan sampah tidak boleh lebih dari jam 12 siang, sehingga permasalahan ini dimodelkan dengan VRPTW. Pada model VRPTW ini tidak hanya menentukan rute tetapi juga jadwal keberangkatan setiap kendaraan untuk meminimalkan total biaya transportasi. Studi kali ini akan membahas tentang mengoptimalkan rute pengangkutan sampah. Dalam pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan langsung dilapangan, sesuai dengan rute pengangkutan sampah yang digunakan saat ini dan mengacu pada time windows, masih terdapat keterlambatan dalam pengangkutan sampah, yang berarti harus ada perbaikan agar sesuai dengan kebijakan pemerintah dalam upaya memaksimalkan pelayanan. Perbaikan yang dilakukan antara lain merancang ulang rute pengangkutan sampah, mengklusterkan wilayah pengangkutan sampah, dll. Perbaikan yang dilakukan diharapkan mampu mendapatkan waktu pengangkutan yang tepat sehingga tidak terjadi keterlambatan. Gorontalo city is a city that ever won adipura as the category of “the moderate city” and being the cleanest city in 2006. There are four major colleges which are located in Tomini Gulf region that directly impact on thein crease of population. Increasing the number of shelters such as boarding houseis directly proportional to the amount of waste generated. The lack of seriousness of the related officials that handled the garbage were seen from the large amounts of waste in communal containers. The city government through the Environment official issued a policy about waste transportation services which may not exceed more than 12 pm, so this problem is modeled by VRPTW. At VRPTW model, it does not only determine the route, but also the scheduled departure time of eac h vehicle to minimize the total cost of transportation. The study will discuss about the optimizing waste transport route. In the data collection is done by direct observation in the field,in accordance with waste transportation route used today and refers to the time windows, there are still delays in transporting trash, which means that there must be improvement to conform to government policies in doing an effort to maximize service. The Improvements made include redesigning routes of transporting waste, classifying waste transport region, etc. The improvements are expected to get the right transport time, so there is no delay.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering (26201)
Depositing User: CKO Repository
Date Deposited: 24 Mar 2016 09:46
Last Modified: 24 Mar 2016 09:46
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/22261

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo