UMM Institutional Repository

KONSTRUKSI MEDIA MASSA PADA PEMBERITAAN PENGUNDURAN DIRI KAREN AGUSTIAWAN SEBAGAI DIREKTUR UTAMA PERTAMINA (Analisis Framing Pada Majalah Tempo dan Majalah Gatra)

Atmaja, Anggun Asyari (2015) KONSTRUKSI MEDIA MASSA PADA PEMBERITAAN PENGUNDURAN DIRI KAREN AGUSTIAWAN SEBAGAI DIREKTUR UTAMA PERTAMINA (Analisis Framing Pada Majalah Tempo dan Majalah Gatra). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-anggunasya-40029-2-babi.pdf

Download (748kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-anggunasya-40029-1-pendahul-n.pdf

Download (573kB) | Preview

Abstract

Menjelang berakhirnya masa jabatan Presiden SBY dan ramainya pembahasan tentang pemilu 2014, masyarakat dikejutkan dengan berita pengunduran diri Direktur Utama Pertamina, Karen Agustiawan. Hal ini membuat berita pengunduran Karen banyak dipolitisi oleh berbagai pihak. Isunyapun ramai diberitakan oleh media massa, tak terkecuali Tempo dan Gatra. Terkait hal ini peneliti tertarik untuk mengetahui bagaimana perbedaan konstruksi yang dilakukan oleh kedua majalah berita mingguan Tempo dan Gatra, serta faktor apa saja yang mempengaruhi isi pemberitaannya. Penelitian ini menggunakan metode analisis framing untuk mengetahui cara media dalam mengkonstruksi berita, mulai dari seleksi isu hingga membangun fakta-fakta tertentu. Peneliti memilih analisis framing milik Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicki dengan melihat konstruksi media melalui perangkat sintaksis, skrip, tematik, dan retoris. Cara ini akan mempermudah peneliti untuk memahami setiap unsur pembentuk berita. Selanjutnya hasil dari analisis ini akan dihubungkan dengan teori hirarki pengaruh isi media. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, diketahui bahwa Tempo dan Gatra memiliki konstruksi berbeda dalam menyajikan berita pengunduran Karen. Tempo membangun fakta-fakta negatif tentang sosok Karen dengan melakukan penonjolan pada perangkat sintaksis. Terlihat pada headline berita “KAREN TAK SUDI JADI SARDEN” dan penggunaan kutipan sumber yang lebih mengarah pada pernyataan negatif tentang Karen. Hal ini berbeda dengan Gatra yang banyak memuat pernyataan narasumber tentang prestasi dan keberhasilan Karen. Bahkan untuk memperkuat pandangannya, Gatra menyisipkan grafik perkembangan Pertamina selama dipimpin oleh Karen. Dari penonjolan perangkat framing pada masing-masing media dan dihubungkan dengan teori hirarki terkait faktor yang mempengaruhi isi media, dapat disimpulkan bahwa perbedaan konstruksi pada Tempo dan Gatra dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti kekuasaan pendiri dan pemilik media, ideologi masing-masing media, kebijakan redaksi kedua majalah, dan narasumber.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: CKO Repository
Date Deposited: 24 Mar 2016 09:43
Last Modified: 24 Mar 2016 09:43
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/22258

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo