UMM Institutional Repository

KEBIJAKAN REDAKSI DALAM MENENTUKAN BERITA ATAU FOTO HEADLINE (Studi Newsroom pada Harian FAJAR Makassar)

Kurniasih, Asih (2015) KEBIJAKAN REDAKSI DALAM MENENTUKAN BERITA ATAU FOTO HEADLINE (Studi Newsroom pada Harian FAJAR Makassar). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-asihkurnia-40030-2-babi.pdf

Download (421kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-asihkurnia-40030-1-pendahul-x.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Koran harus “mati-matian” merebut hati pembacanya, salah satunya adalah tetap mempertahankan kredibilitas dengan menetapkan kebijakan redaksi sesuai dengan kaidah jurnalistik, dan itu mucul lewat sejumlah upaya mengemas peristiwa demi peristiwa didalam ruang redaksi (newsroom). Apa yang disajikan media adalah pengaruh yang beragam. Harian FAJAR Makassar yang notabene adalah media di luar Pulau Jawa juga merupakan gambaran media yang dipengaruhi beberapa pengaruh. Untuk itulah peneliti tertarik melakukan penelitian ini, sehingga rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana kebijakan redaksi harian Fajar Makassar dalam menentukan berita atau foto headline. Dengan tujuan penelitian untuk mendeskripsikan bagaimana proses, seleksi dan penugasan – penugasan terkait kebijakan redaksi harian Fajar Makassar. Pendekatan teori yang peneliti gunakan adalah teori level pengaruh isi media milik Pameela Shoemaker dan Stephen D. Reese. Peneliti melakukan pendekatan kualitatif deskriptif dengan studi newsroom, dimana subyek penelitian adalah pimred, koordinator kompartemen halaman 1, redaktur halaman 1, reporter, fotografer dan layouter. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, serta dokumentasi. Peneliti menggunakan teknik analisis data kualitatif Miles dan Huberman, dimana analisis data dilakukan melalui proses reduksi data, penyajian data, hingga penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan, pada penugasan, seleksi dan proses untuk menentukan headline yang akan diterbitkan tim redaksi harus melewati rapat perencanaan dan evaluasi, rapat penentuan topik halaman 1, proses seleksi berita atau foto headline hingga yang terakhir yaitu proses penataan headline. Deadline untuk siap cetak selalu di taati namun tetap menyesuaikan berita terbaru, headline yang selalu ditonjolkan adalah berita nasional dan lebih mengutamakan iklan untuk mengisi kolom-kolom halaman depan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah, harian Fajar Makassar pada dasarnya paling besar dipengaruhi level organisasi dan level rutinitas media. Dimana level organisasi membuat harian Fajar dalam memilih berita headline mengandalkan berita nasional, memilih berita atau foto penting dan menarik berdasarkan selera redaktur. Kemudian pada level organisasi kolom iklan lebih diutamakan dan tidak boleh diganggu gugat sehingga ini akan mempengaruhi sikap dalam mengemas berita dan foto headline. Hal ini pula yang menunjukkan bahwa harian Fajar Makassar tidak memiliki independensi redaksi dalam menentukan berita atau foto headline.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: CKO Repository
Date Deposited: 24 Mar 2016 09:41
Last Modified: 24 Mar 2016 09:41
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/22256

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo