UMM Institutional Repository

Upaya Rumah Tahanan Negara dalam Mencegah Narapidana Melarikan Diri (Studi di Rumah Tahanan NegaraKlas II B Ponorogo)

ZAENASSA’DY, WAFA’ (2015) Upaya Rumah Tahanan Negara dalam Mencegah Narapidana Melarikan Diri (Studi di Rumah Tahanan NegaraKlas II B Ponorogo). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-wafazaenas-39281-2-babi.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-wafazaenas-39281-1-pendahul-n.pdf

Download (567kB) | Preview

Abstract

Perlu disadari melaksanakan keamanan dan tata tertib merupakan ajaran mutlak untuk terlaksananya program-program pembinaan, oleh karena itu suasana aman dan tertib di Rumah Tahanan Negara perlu diciptakan untuk memantau dan menangkal serta mencegah sedini mungkin gangguan keamanan dan ketertiban yang timbul dari luar maupun dari dalam Rutan seperti pemberontakkan, perkelahian, pelarian, pembunuhan. Penelitian ini mengambil rumusan masalah Apa faktor yang menyebabkan narapidana melarikan diri, Bagaimana sistem pengamanan yang dilakukan oleh petugas pemasyarakatan terhadap narapidana di Rumah Tahanan Negara Klas II B PonorogodanBagaimana upaya yang dilakukan Rumah Tahanan Negara Klas II B Ponorogo untuk mencegah narapidana yang melarikan diri. Metode penelitian yang digunakan adalah yuridis sosiologis, teknik pengumpulan datanya berupa wawancara, dokumentasi dan observasi langsung ke lokasi penelitian di Rutan Klas II B ponorogo guna memperoleh data primer dan menganalisa secara yuridis, dengan melihat fakta-fakta yang terjadi dimasyarakat kemudian seluruh data dianalisa secara deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, penulis memperoleh jawaban atas permasalahan, bahwa faktor yang menyebabkan narapidana melarikan diri adalah: Pertama, kurangnya petugas pengamanan baik dari segi kualitas maupun kuantitas, Kedua, kurangnyasaranadanprasarana (over kapasitasisiRutanKlas II B Ponorogo), Ketiga, tidak ada peraturan yang memberikan sanksi pidana terhadap narapidana yang melarikan diri. Adapun sistem pengamanan yang dilakukan oleh Rutan Klas II B Ponorogo adalah : Pengamanan Penuh, Pengamanan Sedang, Pengamanan Ringan. Sedangkanupaya yang dilakukan Rutan Klas II B Ponorogo dalam mencegahnarapidana melarikan diri yaitu upaya preventif (upaya pencegahan agar tidakterjadi tindakan melarikan diri meliputi pengamanan fisik, sosialisasi sanksi,menciptakan suasana kondusif dan pendekatan pribadi) dan upaya represif(dilakukan setelah terjadi perbuatan melarikan diri dengan tujuan menimbulkanefek jera dan menjadi contoh bagi yang lainnya, meliputi melakukan pengejaransecepatnya, penempatan di sel tikus, meningkatkan keamanan dan berusaha untukmemenuhi hak-hak narapidana. Kesimpulannya pelaksanaan keamanan dan ketertiban di Rutan klas II B Ponorogo belum sepenuhnya berjalan dengan baik karena kurangnya petugas jaga, sarana dan prasarana, belum ada peraturan yang memberi sanksi yang tegas. Sarannya perlu menambah personil petugas jaga, perlu pertimbangan untuk menambah sarana gedung dan adanya peraturan yang tegas.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
K Law > KZ Law of Nations
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: CKO Repository
Date Deposited: 24 Mar 2016 09:41
Last Modified: 24 Mar 2016 09:41
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/22255

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo