UMM Institutional Repository

PENGARUH KOMUNIKASI ANTARPRIBADI TERHADAP SIKAP POSITIF KONSUMEN (Studi pada Konsumen Pengguna Jasa Super Courier Surabaya)

WIYATMOKO, ASWIN (2015) PENGARUH KOMUNIKASI ANTARPRIBADI TERHADAP SIKAP POSITIF KONSUMEN (Studi pada Konsumen Pengguna Jasa Super Courier Surabaya). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-aswinwiyat-40031-2-babi.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-aswinwiyat-40031-1-pemdahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Komunikasi antarpribadi yang ada dalam proses pertukaran jasa antara perusahaan dan pelanggan, sangat berperan penting terhadap persepsi pelayanan pelanggan terhadap jasa perusaahaan yang mereka gunakan. Proses komunikasi berlangsung disetiap kegiatan yang dilakukan dalam bisnis jasa ini, baik yang dilakukan langsung (bagian pemasaran kepada pelanggan/pengguna jasa) maupun tidak langsung (media komunikasi iklan, dsb). Super Courier merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang pengiriman barang dengan tujuan ke seluruh Indonesia. Pangsa pasar yang dituju meliputi pasar rumah tangga sampai dengan industri. Oleh karena itu, berbagai upaya dilakukan oleh perusahaan jasa pengiriman dalam mengkomunikasikan produk kepada pelanggan. Membina hubungan yang baik dengan calon pelanggan merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh PT. Super Courier yang dapat menunjang keberhasilan para perusahaan untuk mendapatkan kepercayaan dari calon pelanggannya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah terdapat pengaruh antara komunikasi antar pribadi terhadap sikap positif konsumen dan Jika ada pengaruhnya, seberapa besar tingkat pengaruhnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya serta seberapa besar pengaruh antara komunikasi antar pribadi terhadap sikap positif konsumen Penelitian ini Menggungakan 2 teori yaitu teori Stimulus Organisme Respons (S – O – R) dan Sikap. Teori Stimulus Organisme Respons (S – O – R) berdasarkan mendasarkan asumsi bahwa penyebab terjadinya perubahan sikap atau perilaku tergantung kepada kualitas rangsang (stimulus) yaitu komunikasi antar pribadi dengan organisme atau komunikan dalam hal ini pelanggan. Sikap merupakan kecenderungan bertindak, berpersepsi, berpikir, dan merasa dalam menghadapi objek, ide, atau nilai. Sikap pelanggan merupakan efek dari komunikasi interpersonal yang dilakukan perusahaan Penelitian ini tergolong kedalam jenis penelitian penjelasan (explanatory reseach) yaitu menjelaskan hubungan dan pengaruh beberapa variabel penelitian serta menguji hipotesis yang telah ditetapkan sebelumnya. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, dokumentasi dan obervasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan regresi sederhana Hasil Penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan antara komunikasi antar pribadi Terhadap sikap positif konsumen pengguna jasa PT. Super Courier Surabaya. Hal ini ditunjukkan dengan uji t dengan nilai t hitung sebesar 20.476 lebih besar dari t tabel 1.980 dengan probabilitas 0.000. Komunikasi antar pribadi berpengaruh terhadap sikap positif konsumen pengguna jasa PT. Super Courier Surabaya sebesar 81.5 % dan sisanya 18.5 .% sikap positif konsumen pengguna jasa PT. Super Courier Surabaya di pengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Sikap positif konsumen dalam menggunakan jasa perusahaan dipengaruhi stimulus keterbukaan, kelengkapan dan kerincian informasi, kemudahan pelanggan dalam menghubungi petugas, sikap empati yang. Stimulus atau pesan yang disampaikan oleh petugas kepada komunikan diterima dengan baik sehingga menyebabkan sikap konsumen menjadi positif pada perusahaan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: CKO Repository
Date Deposited: 24 Mar 2016 09:38
Last Modified: 24 Mar 2016 09:38
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/22253

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo