UMM Institutional Repository

KOMUNIKASI KRISIS PUBLIC RELATIONS MASKAPAI PENERBANGAN MELALUI MEDIA SOSIAL FACEBOOK PERUSAHAAN (Analisis isi pada kasus kecelakaan Malaysia Airlines MH370 dan Air Asia QZ8501 Tahun 2014)

Putri, Debby Yolanda Tiara (2015) KOMUNIKASI KRISIS PUBLIC RELATIONS MASKAPAI PENERBANGAN MELALUI MEDIA SOSIAL FACEBOOK PERUSAHAAN (Analisis isi pada kasus kecelakaan Malaysia Airlines MH370 dan Air Asia QZ8501 Tahun 2014). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-debbyyolan-40184-2-babi.pdf

Download (425kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-debbyyolan-40184-1-pendahul-n.pdf

Download (514kB) | Preview

Abstract

Ketika perusahaan terkena krisis maka Public Relations menjadi ujung tombak perusahaan untuk berkomunikasi dengan publiknya. Komunikasi memegang peranan penting atas berhasil tidaknya mengatasi krisis tersebut. Media yang digunakan perusahaan dalam berkomunikasi dengan publiknya beragam, salah satunya melalui media sosial. Pada tahun 2014 telah terjadi dua insiden yang dialami maskapai asal negara Malasysia yaitu Malaysia Airlines System (MAS) dengan pesawat MH370 dan AirAsia dengan pesawat QZ8501. Kedua insiden tersebut merupakan krisis bagi kedua maskapai, dan adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana komunikasi krisis yang dilakukan oleh maskapai Malaysia Airlines pesawat MH370 dan AirAsia pesawat QZ8501 di media sosial fanpage facebook dalam kasus kecelakaan pesawat tahun 2014. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif dan dasar analisis isi. Fanpage Facebook Malaysia Airlines dan AirAsia Indonesia sebagai objek penelitian dan ruang lingkup penelitiannya adalah postingan di fanpage facebook milik MAS (Malaysia Airlines System) dari bulan Maret - Juni 2014 (22 postingan status) dan fanpage facebook milik AirAsia Indonesia pada bulan Desember 2014 - Februari 2015 (57 postingan status). Sedangkan unit analisisnya hanya pada teks didalam postingan dan feedback yang diberikan oleh publik. Struktur kategorisasi yang dibuat mengacu pada 3 model komunikasi Harorld Laswell (Who, Say What, To Whom). Teknik analisis data, peneliti Uji keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi teori tentang pesan. Adapun hasil yang didapat dari penelitian ini adalah bahwa dalam postingan fanpage facebook Malaysia Airlines dan AirAsia Indonesia menggunakan komunikator berbeda yang dianggap kredibel untuk menyampaikan statement pada setiap postingan, Malaysia Airlines menggunakan PR Officer, Grup CEO, Direktur Komersial, awak kabin, asisten trainer, dan mitra bisnis sedangkan AirAsia Indonesia menggunakan PR Officer, Grup CEO AirAsia, Presiden Direktur AirAsia Indonesia, volunteer, dan pihak otoritas terkait. Selain itu isi pesan yang disampaikan AirAsia Indonesia lebih terbuka dan menyangkut berbagai informasi yang dibutuhkan publik pada masa krisis, sedangkan isi pesan yang disampaikan Malaysia Airlines cenderung tertutup namun admin fanpage facebook Malaysia Airlines merespon komentar yang diberikan publik dalam postingan. Komunikan yang menjadi target pesan yang disampaikan adalah pihak-pihak yang terkena dampak dari krisis dan yang memiliki kepentingan terhadap krisis yang terjadi seperti keluarga penumpang dan kru pesawat, rekan media dan masyarakat luas serta otoritas terkait. Dengan keterbukaan informasi yang diberikan AirAsia Indonesia mendapatkan respon possitif yang secara tidak langsung yang akan berdampak pada citra perusahaan dan feedback yang diberikan publik kepada Malaysia Airlines adalah kecurigaan dan respon yang cenderung negatif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: CKO Repository
Date Deposited: 24 Mar 2016 09:32
Last Modified: 24 Mar 2016 09:32
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/22247

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo