UMM Institutional Repository

KORELASI ANTARA CITRA PRODUK DENGAN MINAT BELI KONSUMEN (Studi Pada Mahasiswa Angkatan 2012 Sebagai Konsumen Luwak White Koffie)

Andriyani, Dian (2015) KORELASI ANTARA CITRA PRODUK DENGAN MINAT BELI KONSUMEN (Studi Pada Mahasiswa Angkatan 2012 Sebagai Konsumen Luwak White Koffie). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-dianandriy-40185-2-bab1.pdf

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-dianandriy-40185-1-pendahul-n.pdf

Download (452kB) | Preview

Abstract

Produk kopi Luwak White Koffie sempat mengalami cinta yang negative berkaitan dengan isu tentang kandungannya yang mengandung lemak babu dalam pemberitaan media massa.Pemberitaan di media massa, Khusunya internet tentang Luwak White Koffie yang diisukan mengandung lemak babi tersebut menimbulkan efek primer yang dapat mengubah pemahaman konsumen tentang produk dan minat beli. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya korelasi yang signifikan antara citra produk dengan minat beli konsumen Teori utama yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori S-O-R (Stimulus, Organism, Response). Dalam penelitian ini, stimulus adalah citra produk Luwak White Koffie. Organism adalah mahasiswa angkatan 2012. Response adalah minat beli konsumen. Citra produk diukur dengan presepsi, kognisi, motivasi, dan sikap. Sedangkan minat beli diukur dengan attention, desire, dan action. kuati Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksplanatif, dengan pendekatan kuantitatif.Penelitian dilakukan dilakukan di Jurusan Komunikasi FISIP UMM dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner. Metode analis data menggunakan korelasi Pearson Product Moment Berdasarkan hasil analisi data diperoleh koefisien korelasi (r) 0,789 dengan nilai signifikan 0,000<0,05. Adapun koefisien determinasi (r2) sebesar 62,3% (r2 = 0,623). Hasil ini menunjukkan bahwa sumbangan efektif citra produk Luwak White Koffie terhadap minat beli mahasiswa pada produk tersebut sebesar 62,3%.Sisanya sebesar 37,7% berhubungan dengan variabel lain yang tidak diteliti. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada korelasi yang positif dan signifikan antar citra produk Luwak White Koffie dengan minat beli konsumen. Hal ini berarti semakin baik citra produk Luwak White Koffie makA semakin tinggi minat beli konsumen mahasiwa. Disarankan kepada peneliti selanjutnya untuk mengembangkan pada produk lainnya yang mendapat isu negatif. Selain itu, peneliti berikutnya sebaiknya meneliti variabel-variabel lain selain citra produk, misalnya variabel emosional, harga, promosi, lokasi penjualan, kualitas produk, dan sebagainya. Jumlah responden sebaiknya diperbanyak. Disarankan pula agar produsen Luwak White Koffie meningkatkan upaya - upaya public relations kepada masyarakat, dengan cara menyebarluaskan fatwa dari MUI bahwa produk yang mereka produksi tersebut tidak mengandung minyak babi sebagaimana yang sempat ramai diberitakan, sekaligus memberikan bantahan resmi atas isu negatif tersebut

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: CKO Repository
Date Deposited: 24 Mar 2016 09:29
Last Modified: 24 Mar 2016 09:29
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/22244

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo