UMM Institutional Repository

REPUTASI DAERAH MALANG RAYA MENURUT EKSTERNAL PUBLIK (Studi Pada Mahasiswa Asal Kalimantan Timur di Kota Malang)

Purwanti, Dita (2015) REPUTASI DAERAH MALANG RAYA MENURUT EKSTERNAL PUBLIK (Studi Pada Mahasiswa Asal Kalimantan Timur di Kota Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ditapurwan-40188-2-babi.pdf

Download (363kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ditapurwan-40188-1-pendahul-n.pdf

Download (60kB) | Preview

Abstract

Untuk membangun dan menjaga reputasi perusahaan/daerah yang baik, perlu berhubungan dengan sejumlah stakeholders yang bisa jadi semua memiliki pendapat atau pandangan berbeda mengenai perusahaan/daerah, tetapi secara kolektif memberikan kontribusi pada keseluruhan reputasi perusahaan/daerah (Butterick, 2013:58). Mahasiswa menjadi faktor yang diperhitungkan dalam menilai reputasi daerah Malang Raya dikarenakan mahasiswa merupakan salah satu penyokong pertumbuhan ekonomi dan penyumbang pajak daerah terbesar setiap tahunnya. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah seberapa positif reputasi daerah Malang Raya menurut mahasiswa asal Kalimantan Timur di Kota Malang. Dimana hasil pengukuran reputasi ini dapat berguna dalam merumuskan strategi bagi pemerintah daerah Malang Raya dan memberikan skala prioritas yang harus dibenahi. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Metode yang digunakan adalah analisis biplot. Analisis biplot dipilih karena terdapat banyak objek dan variabel yang diukur pada penelitian ini. Semakin banyak objek dan variabel yang diteliti maka tabel yang dihasilkan semakin besar dan sulit untuk di interpretasikan. Untuk itu analisis biplot dipilih agar dapat menyelesaikan masalah tersebut. Selain itu, melalui analisis biplot peneliti dapat menyajikan secara visual hasil penilaian terhadap reputasi daerah Malang Raya dalam satu grafik. Sehingga pembaca dapat dengan mudah mengetahui hasil penelitian dengan hanya melihat grafik. Grafik yang terbentuk merupakan hasil dari rata-rata penilaian yang paling dominan. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa asal Kalimantan Timur yang menghuni seluruh asrama di Kota Malang. Terdapat 10 asrama mahasiswa Kalimantan Timur di Kota Malang. Teknik pengambilan sampling yang dipilih ialah total sampling dengan sampel berjumlah 172 orang. Peneliti memposisikan mahasiswa Kalimantan Timursebagai eksternal publik dan bentuk representasi dari mahasiswa secara keseluruhan karena jumlahnya yang sangat dominan. Untuk mengukur reputasi Daerah Malang Raya peneliti mengadopsi pada model dari penelitian Weber Shandwick dan Reputation Institute (2006), yaitu Barang dan Jasa, Komunikasi, Tanggung Jawab serta Kepemimpinan. Kemudian dari keempat elemen tersebut di breakdown menjadi 13 aspek pernyataan, yakni aspek pendidikan, peninggalan sejarah (museum), biaya hidup, tempat hiburan, keramahan penduduk, kebersihan dan kenyamanan kota, keamanan, transportasi, pariwisata, kepuasan dan kekaguman, tanggung jawab, komunikasi, dan kepemimpinan. Hasil penelitian terhadap reputasi daerah Malang Raya menurut mahasiswa asal Kalimantan Timur di Kota Malang diperoleh beberapa temuan, yakni: dari beberapa elemen inti pembentuk reputasi yaitu barang dan jasa (pendidikan, peninggalan sejarah, biaya hidup, tempat hiburan, keramahan penduduk, kebersihan dan kenyamanan kota, keamanan, transportasi, pariwisata, kepuasan dan kekaguman) komunikasi, tanggung jawab serta kepemimpinan menunjukkan bahwa Kota Batu dominan memperoleh reputasi positif dari berbagai aspek kecuali pendidikan. Sementara untuk Kota Malang penilaian dominan menunjukkan reputasi negatif. Kota Malang lemah pada aspek keramahan penduduk, kebersihan dan kenyamanan kota, keamanan, pariwisata, kepuasan dan kekaguman, tanggung jawab, dan kepemimpinan. Kemudian untuk Kabupaten Malang memperoleh reputasi negatif hanya pada aspek tempat hiburan, transportasi, dan komunikasi. Selebihnya pada sembilan aspek lainnya, Kabupaten Malang memperoleh reputasi positif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: CKO Repository
Date Deposited: 24 Mar 2016 09:22
Last Modified: 24 Mar 2016 09:22
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/22237

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo