UMM Institutional Repository

KECENDERUNGAN PESAN KAMPANYE KPK MELALUI MEDIA SOSIAL (Analisis Isi Pada Akun Twitter Biro Humas Komisi Pemberantasan Korupsi Pada Fenomena Cicak vs Buaya Jilid III Periode 23 Januari-18 Februari 2015)

Fajriannor, (2015) KECENDERUNGAN PESAN KAMPANYE KPK MELALUI MEDIA SOSIAL (Analisis Isi Pada Akun Twitter Biro Humas Komisi Pemberantasan Korupsi Pada Fenomena Cicak vs Buaya Jilid III Periode 23 Januari-18 Februari 2015). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-fajriannor-40190-2-babi.pdf

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-fajriannor-40190-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Fenomena Cicak vs Buaya Jilid III mulai ramai diperbincangkan oleh masyarakat di sosial media ketika adanya penagkapan yang dilakukan oleh Badan Reserse Kriminial Polri pada tanggal 23 januari 2015 terhadap salah satu pimpinan KPK yaitu Bambang Widjoajnto. Penangkapan ini dianggap merupakan wujud balas dendam Polri atas penetapan tersangka yang dilakukan KPK kepada Komisaris Jendral Budi Gunawan. Banyak pihak menganggap bahwa KPK kembali menghadapi upaya kriminalisasi seperti pada fenomena Cicak vs Buaya Jilid I dan II. Melihat banyaknya perhatian yang diberikan oleh masyarakat melalui media sosial, KPK pun gencar menginformasikan segala hal yang berkaitan dengan awal mula hingga pasca penangkapan Bambang Widjojanto. Namun dalam penyampaian pesannya, tidak sedikit tweet-tweet dari KPK yang justru mengarah kepada upaya kampanye yang nantinya berdampak pada citra KPK, dalam hal ini adalah citra positif terkait fenomena Cicak vs Buaya Jilid III. Dari latar belakang inilah peneliti akhirnya menjadi tertarik untuk mengetahui kecendrungan pesan kampanye apa saja yang paling sering muncul dalam tweet KPK dan seberapa besar frekuaensi kemunculannya? Peneliti menggunakan metode analisis isi sebagai dasar penelitian, melalui pendekatan kuantitatif. Peneliti bertujuan mendeskripsikan secara obyektif, sistematis, dan kuantitatif dari isi pesan pencitraan pada twitter KPK. Ruang lingkup penelitian ini adalah aktivitas twitter KPK pada fenomena Cicak vs Buaya jilid III mulai tanggal 23 januari sampai dengan 18 februari 2015, yang berjumlah 242tweet. Unit analisis yang digunkan postingan tweet, retweet, dan foto ataupun gambar yang diupload yang dikaitkan dengan citra KPK sesuai dengan struktur kategori. Dari hasil penelitian ini menunjukan kategori Kuat memiliki frekuensi yang paling tinggi yaitu sebanyak 122 tweet dengan presentase 50,41% kemuculan. Kategori terbesar kedua adalah kampanye Jujur memiliki frekuensi 67 tweet dengan presentase 27,68% kemunculan. Kategori yang memiliki frekuensi terbesar ketiga adalah kategori kampanye Berani dengan frekuensi 33 tweet dengan presentase 13,63 % kemunculan. Kategori yang memiliki frekuensi terbesar ketiga adalah kategori kampanye Taat Hukum dengan frekuensi 17 tweet dengan presentase 7,43 % kemunculan. Terakhir, kategori yang memiliki frekuensi paling sedikit adalah kategori kampanye Bersih dengan frekuensi 3 tweet dengan presentase 1,23% kemunculan. Kategori Kuat dimunculkan paling banyak karena berkaca dari fenomena Cicak vs Buaya Jilid I dan II sebelumnya ketika banyaknya duungan dari berbagai pihak kepada KPK, sehingga membuat Presiden pada saat itu turun tangan langsung untuk memberikan instruksi agar menghentikan segala upaya pelemahan yang dilakukan kepada KPK. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa twitter bisa menjadi media baru dalam melakukan kampanye public relation. Sehingga twitter tidak hanya dipakai sebagai media bersosialisasi, berkomunikasi dan penyampaian kebijakan-kebijakan yang ditetapkan oleh Institusi saja, namun penyampain pesan-pesan melalui media twitter juga dapat berdampak pada citra perusahaan tersebut.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: CKO Repository
Date Deposited: 24 Mar 2016 09:17
Last Modified: 24 Mar 2016 09:17
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/22233

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo