UMM Institutional Repository

KEBERADAAN MAJALAH INTERNAL BAGI KARYAWAN (Studi Pada Karyawan PT. BNI Cabang Malang)

PUSPASARI, INFINITY AUDI (2015) KEBERADAAN MAJALAH INTERNAL BAGI KARYAWAN (Studi Pada Karyawan PT. BNI Cabang Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-infinityau-40191-1-pendahul-n.pdf

Download (946kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-infinityau-40191-2-babi.pdf

Download (588kB) | Preview

Abstract

Komunikasi internal biasanya dibangun dengan berbagai beragam cara. Salah satunya melalui in-house publishing seperti majalah internal, buletin, website, buku saku, dan sebagainya. Tapi, yang sering dikenal saat ini adalah internal magazine dan buletin maupun internal web. Sebagai sarana komunikasi internal, buletin atau in-house magazine ini memiliki peran strategis menjembatani komunikasi antara manajemen dan karyawan. Model media internal seperti menyajikan berbagai macam hal mengenai apa saja yang terjadi di dunia perbankan khususnya Bank BNI cabang Malang . Materi yang disampaikan bukan sekadar aktifitas perusahaan, tapi juga materi pengembangan sumber daya manusia. Artikel yang ditulis bisa berupa kolom dari pakar menajemen atau pengalaman karyawan mengembangkan skill yang dimiliki. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini difokuskan pada keberadaan majalah internal bagi karyawan. Sumber informasi dalam penelitian ini karyawan Bank BNI Cabang Malang. Teknik pengumpulan data melalui: (1) Wawancara, (2) Dokumentasi (3) Observasi. Setelah semua data terkumpul maka peneliti menggunakan melakukan analisa data. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan diperoleh hasil bahwa pemanfaatan majalah internal perusahaan adalah: (1) Media internal menjadi sumber pendukung bagi karyawan sebagai bahan tambahan informasi. (2) Majalah internal sebagai komunikasi dua arah atau two-ways communication dalam komunikasi internal. (3) Majalah internal ini memberikan dampak yang positif yaiitu dapat membantu mempercepat penyampaian informasi kepada karyawan. (4) Majalah SINERGI 46 sangat baik dan mendukung komunikasi secara tidak langsung guna memperbaiki kualitas kerja karyawan. (5) Majalah SINERGI 46 sebagai media komunikasi dan informasi, media internal berperan dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia khususnya dalam bidang jurnalistik. Sedangkan faktor pendukung dalam penggunaan majalah internal sebagai media komunikasi bagi karyawan adalah: Majalah SINERGI 46 diterbitkan oleh Bank BNI 1946 termasuk pendanaannya. Faktor penghambatnya adalah mengenai materi yang disampaikan terkadang dinilai kurang diminati oleh para karyawan, kemudian sebagian karyawan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: CKO Repository
Date Deposited: 24 Mar 2016 09:15
Last Modified: 24 Mar 2016 09:15
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/22230

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo