UMM Institutional Repository

PEMAKNAAN MAHASISWA TERHADAP VIDEO DI INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA EKSPRESI DAN KREATIVITAS (Studi Resepsi Pada Follower Akun Instagram Malangvidgram)

Rakhmawati, Maharani Rizka (2015) PEMAKNAAN MAHASISWA TERHADAP VIDEO DI INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA EKSPRESI DAN KREATIVITAS (Studi Resepsi Pada Follower Akun Instagram Malangvidgram). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-maharaniri-40192-2-babi.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-maharaniri-40192-1-pendahul-n.pdf

Download (522kB) | Preview

Abstract

Instagram sebagai media sosial baru dengan basis foto atau video menjadi keunikan sendiri yang membuat instagram populer, terutama di kalangan anak muda. Kemudahan mengunggah foto atau video yang dapat dilihat oleh seluruh pengguna instagram dari seluruh dunia membuat instagram berbeda dengan media sosial lain. Video di instagram yang merupakan salah satu fitur dalam instagram menjadi populer yang akhirnya muncul Malangvidgram sebagai wadah dalam menyalurkan ekspresi dan kreativitas. Penelitian dilakukan untuk mengetahui pemaknaan follower akun Malangvidgram yang berstatus mahasiswa terhadap video di instagram sebagai media ekspresi dan kreativitas Penelitian menggunakan studi resepsi untuk mengetahui bagaimana pemaknaan video di instagram sebagai media ekspresi dan kreativitas pada follower malangvidgram. Sedangkan tipe penelitian yang digunakan adalah deskriptif yang memandu peneliti untuk menggambarkan fakta mengenai objek penelitian secara rinci. Peneliti menggunakan Focus Group Discussion (FGD) sebagai teknik pengumpulan data yang diikuti oleh 10 audiens yang merupakan follower malangvidgram berstatus mahasiswa dari 6 perguruan tinggi di Malang. FGD diadakan pada hari Kamis tanggal 9 April 2015 di Bunchbade Homemade Kitchen dari pukul 15.15 hingga pukul 17.20. Pada penelitian ini menghasilkan 3 kesimpulan yang telah dikaitkan dengan studi resepsi. Pertama, pada kategori dominan, audiens memaknai bahwa adanya video di instagram menjadi media sosial baru untuk menyalurkan ekspresi dan kreativitas. Kedua, pada kategori negosiasi, audiens menerima adanya video di instagram jika video yang dibuat memiliki tujuan yang jelas. Pada kategori ini, audiens menerima makna yang dihasilkan dengan mengkompromikan makna yang dimaksudkan oleh peneliti. Ketiga, kategori oposisi, audiens memaknai video di instagram hanya sebagai hiburan. Mereka tidak tertarik membuat dan menganggap video di instagram tidak sebagai media menyalurkan ekspresi dan kreativitas. Makna yang dihasilkan pada kategori ini bertolak belakang dengan makna yang dimaksud peneliti. Maka dapat diartikan disini, seluruh subjek penelitian merupakan audiens yang aktif. Dengan kata lain mereka tidak hanya berperan sebagai konsumen, tetapi juga produsen yang turut aktif menciptakan makna dari sebuah media. Karena mereka secara aktif melakukan interpretasi makna terhadap video di instagram berdasarkan latar belakang mereka masing-masing. Selain itu, hasil dari penelitian ini dapat memberi masukan kepada pengguna instagram dalam memanfaatkan video di instagram tidak hanya sebagai hiburan, tetapi juga dapat dijadikan sebagai sarana edukasi baru untuk berprestasi melalui media sosial

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: CKO Repository
Date Deposited: 24 Mar 2016 09:13
Last Modified: 24 Mar 2016 09:13
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/22227

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo