UMM Institutional Repository

BINGKAI MEDIA ONLINE NASIONAL MENGENAI KEBIJAKAN KENAIKAN BAHAN BAKAR MINYAK ( Analisis Framing Kompas.com dan Republika.co.id Periode 18 – 27 November 2014 )

Prayoga, Richard Firman Hadi (2015) BINGKAI MEDIA ONLINE NASIONAL MENGENAI KEBIJAKAN KENAIKAN BAHAN BAKAR MINYAK ( Analisis Framing Kompas.com dan Republika.co.id Periode 18 – 27 November 2014 ). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-richardfir-40196-2-bab1.pdf

Download (661kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-richardfir-40196-1-pendahul-n.pdf

Download (494kB) | Preview

Abstract

Pro dan kontra kebijakan kenaikan harga bahan bakar minyak tahun 2014 yang diumumkan secara langsung presiden Jokowi di istana kepresidenan tidak terlepas dari pantauan media untuk diberitakan kepada masyarakat. Kompas.com dan Republika.co.id sebagai media online nasional turut andil untuk menginformasikan kepada masyarakat. Permasalahannya adalah pada persoalan yang sama namun terdapat dua versi bingkaiyang berbeda jika dilihat dari judul pemberitaannya. Jadi fokus penelitian ini untuk mengintepretasikan bingkai pemberitaan pada kedua portal berita terkait kebijakan kenaikan harga BBM. Pada tinjauan pustaka peneliti mencantumkan teori hirarki level dan media sebagai institusi politik serta sebagai industri. Asumsi media pada konsep yang digunakan adalah media sebagai pihak yang memberitakan informasi selalu sesuai dengan apa yang diinginkan media dengan melihat faktor eksternal. Tingkat pengaruh perusahaan media, pengiklan, kebijakan pemerintah, nilai moral yang ada di masyarakat terhadap suatu pemberitaan sangat tinggi. Artinya berita adalah hasil dari proses tarik menarik antara media dan kepentingan lainnya di luar perusahaan yang menghasilkan informasi menjadi bukan gambaran realita yang objektif, namun hasil gambaran realita yang subjektif dari konstruksi media dan faktor kepentingan lainnya. Metode yang digunakan yaitu analisis Framing dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Tipe penelitian ini yaitu intepretatif dengan fokus penelitiannya pada berita yang dirilis periode 18 – 27 November 2014 yaitu 5 berita kompas.com dan 5 berita republika.co.id. Teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik dokumentasi yang diperoleh dari website kompas.com dan republika.co.id. Kemudian, peneliti menggunakan teknik analisis framing model William A. Gamson yang terdapat Framing device dan Reasoning Device untuk dijadikan alatnya. Penelitian ini menemukan bahwa kompas.com membingkai kebijakan kenaikan harga BBM sebagai kebijakan yang patut diterima, selain itu membingkai Jokowi sebagai sosok yang tanggung jawab dan pemberani serta membingkai jika masyarakat setuju dengan kebijakan Jokowi. Adapun bingkai republika.co.id pada kebijakan kenaikan harga BBM lebih sebagai kebijakan yang aneh dan bermasalah, selain itu membingkai Jokowi sebagai sosok yang arogan dan penuh permainan, serta membingkai jika masyarakat menolak terhadap kebijakan Jokowi. Yang menarik, peneliti juga menemukan propaganda kompas.com untuk membujuk masyarakat dalam menerima kebijakan Jokowi dan sedangkan republika.co.id membujuk untuk menentang kebijakan Jokowi. Jadi kedua portal kompas.com dan republika.co.id mempunyai pembingkaian yang berbeda terkait dengan pemberitaan kebijakan kenaikan harga bahan bakar minyak.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: CKO Repository
Date Deposited: 24 Mar 2016 09:00
Last Modified: 24 Mar 2016 09:00
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/22207

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo