UMM Institutional Repository

TINJAUAN YURIDIS SOSIOLOGIS PENANGANAN KASUS TINDAK PIDANA PENCURIAN YANG DILAKUKAN OLEH ANAK (Studi di Wilayah Hukum Polres Jombang)

Novriyanto, Surya Dwi (2015) TINJAUAN YURIDIS SOSIOLOGIS PENANGANAN KASUS TINDAK PIDANA PENCURIAN YANG DILAKUKAN OLEH ANAK (Studi di Wilayah Hukum Polres Jombang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-suryadwino-39324-2-babi.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-suryadwino-39324-1-pendahul-n.pdf

Download (565kB) | Preview

Abstract

Saat ini banyak dijumpai anak-anak yang berperilaku menyimpang. Perilaku menyimpang anak ini, jelas tampak kini di tengah-tengah masyarakat. Kenyataan-kenyataan ini menunjukkan bahwa perilaku mereka sudah sangat mengkhawatirkan dan merupakan masalah yang berbahaya. Untuk itu perlu dilakukan penelitian dengan mengangkat permasalahan, sebagai berikut: 1) Bagaimana penanganan kasus tindak pidana pencurian yang dilakukan anak di wilayah hukum Polres Jombang? 2) Apa hambatan pihak kepolisian dalam penanganan kasus tindak pidana pencurian yang dilakukan oleh anak di wilayah hukum Polres Jombang? Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode pendekatan yuridis sosiologis, kemudian dianalisis dengan menggunakan peraturan-peraturan dan teori yang ada terkait dengan permasalahan penanganan kasus tindak pidana pencurian yang dilakukan anak. Dari hasil penelitian diperoleh hasil: 1) Penanganan kasus tindak pidana pencurian yang dilakukan anak di wilayah hukum Polres Jombang diperlakukan berbeda dengan orang dewasa. Penanganan melalui teknik litigasi kurang dimaksimalkan, seperti tidak disiapkan PH dan lebih cenderung menggunakan teknik non litigasi. Sedangkan untuk sarana dalam pemeriksanaan dilakukan diruangan khusus PPA (Perlindungan Perempuan dan Anak). Selain melalui pengadilan juga dilakukan mediasi atau mencari jalan keluar terbaik untuk menyelesaikan masalah yang melibatkan anak. 2) Hambatan pihak kepolisian dalam penanganan kasus tindak pidana pencurian yang dilakukan oleh anak di wilayah hukum Polres Jombang adalah setiap terjadi pencurian yang dilakukan oleh anak masyarakat tidak segera melaporkan kepada kepolisian setempat, selain itu setelah dilakukan identifikasi secara mendalam ternyata tidak ditemukan rangkaian yang nyata dari perbuatan pencurian, sehingga menyulitkan pihak serse untuk mengidentifikasi lebih lanjut. Luasnya daerah wilayah Kabupaten Jombang tidak didukung oleh pihak keamanan yang memadai. Pemahaman serta aturan untuk penanganan kasus anak dari masyarakat kurang sehingga perlu adanya sosialisasi lagi kepada masyarakat agar lebih mmhamai tata cara menghadapi pelaku anak.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
K Law > KZ Law of Nations
Divisions: Faculty of Law > Department of Law (74201)
Depositing User: CKO Repository
Date Deposited: 24 Mar 2016 08:32
Last Modified: 24 Mar 2016 08:32
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/22200

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo