UMM Institutional Repository

PENGARUH TERPAAN IKLAN DALAM BENTUK MINI DRAMA TERHADAP PENGGUNAAN FITUR APLIKASI INSTAN MESSAGING Studi pada Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi FISIP UMM Angkatan 2011 Pengguna Aplikasi LINE

Sari, Yanuar Mulia (2015) PENGARUH TERPAAN IKLAN DALAM BENTUK MINI DRAMA TERHADAP PENGGUNAAN FITUR APLIKASI INSTAN MESSAGING Studi pada Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi FISIP UMM Angkatan 2011 Pengguna Aplikasi LINE. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-yanuarmuli-40199-1-1.penda-n.pdf

Download (551kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-yanuarmuli-40199-2-babi.pdf

Download (61kB) | Preview

Abstract

Iklan merupakan salah satu bentuk promosi yang paling sering digunakan oleh beberapa perusahaan. LINE Corporation mempromosikan fitur terbaru yang dimiliki oleh aplikasi instan messaging LINE yaitu fitur ‘Find Alumni’ dengan iklan. Iklan dibuat dalam bentuk yang berbeda dari iklan-iklan lainnya, yaitu dalam bentuk mini drama berjudul “Ada Apa Dengan Cinta 2014”. Iklan dalam bentuk mini drama masih sangat jarang ditemukan dan belum pernah digunakan oleh aplikasi instan messaging lainnya. Iklan tersebut ditayangkan di televisi, YouTube, dan LINE. Media promosi tersebut cukup efektif karena sesuai dengan kehidupan anak muda yang tidak lepas dari gadget dan internet. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu adakah pengaruh terpaan iklan dalam bentuk mini drama terhadap penggunaan fitur aplikasi instan messaging, dan jika ada pengaruh, seberapa besar tingkat pengaruhnya. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Teori AIDDA (Attention, Interest, Desire, Decision, Action). Adapun variabel yang diteliti adalah terpaan iklan dalam bentuk mini drama sebagai variabel bebas (X) dan penggunaan fitur aplikasi instan messaging sebagai variabel terikat (Y). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan tipe penelitian eksplanasi dan dasar penelitian survey. Penelitian eksplanasi adalah penelitian yang bermaksud menjelaskan kedudukan variable-variabel yang diteliti serta hubungan antara satu variabel dengan variabel lain. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui kuesioner tertutup dan teknik dokumentasi. Populasi pada penelitian yaitu mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi FISIP UMM Angkatan 2011 yang menggunakan aplikasi LINE. Sampel sebanyak 81 orang ditentukan dengan teknik simple random sampling. Untuk menjawab permasalahan yang terdapat dalam rumusan masalah, penelitian ini menggunakan Uji Korelasi Spearman sebagai teknik analisis data dibantu dengan program komputer SPSS versi 20 dalam mengolah data. Hasil penelitian dan teknik analisis data dengan Uji Korelasi Spearman menghasilkan koefisien korelasi sebesar 0,491. Artinya ada pengaruh terpaan iklan dalam bentuk mini drama terhadap penggunaan fitur aplikasi instan messaging. Namun, berdasarkan tabel interval nilai koefisien korelasi dan kekuatan hubungan, nilai koefisien korelasi sebesar 0,491 menunjukkan korelasi yang tidak kuat. Meskipun hubungan tersebut tidak kuat, tetapi hubungan tersebut bertanda positif, artinya semakin tinggi terpaan iklan dalam bentuk mini drama, maka akan semakin tinggi pula penggunaan fitur aplikasi instan messaging. Koefisien determinasi yang didapatkan sebesar 0,241 atau sama dengan 24,1% sehingga dapat dijelaskan bahwa 24,1% penggunaan fitur aplikasi instan messaging dipengaruhi oleh terpaan iklan dalam bentuk mini drama, sedangkan 75,9% dipengaruhi oleh faktor lainnya yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: CKO Repository
Date Deposited: 24 Mar 2016 08:29
Last Modified: 24 Mar 2016 08:29
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/22196

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo