UMM Institutional Repository

PROSES KOMUNIKASI INTERPERSONAL SEORANG IBU DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK (Studi pada Wanita Karir dan Ibu Rumah Tangga di Perumahan Landungsari Asri Malang)

Anwar, Fitri Hardiyanti (2015) PROSES KOMUNIKASI INTERPERSONAL SEORANG IBU DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK (Studi pada Wanita Karir dan Ibu Rumah Tangga di Perumahan Landungsari Asri Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-fitrihardi-40382-2-babi.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-fitrihardi-40382-1-pendahul-n.pdf

Download (967kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini didasari atas pentingnya sebuah proses komunikasi interpersonal seorangIbu dalam pembentukan karakter anak. Usia sekolah dasar merupakan usia yang sangat menentukan dalam pembentukan kepribadian dan karakter seorang anak peran Ibu tidak dapat diabaikan, sebab Ibu adalah orang pertama yang paling dekat dengan anak, juga ikatan batin antara Ibu dan anak sudah ada sebelum anak itu lahir. Itulah sebabnya seorang Ibu sangat perlu membimbing dan mendidik anaknya untuk mengendalikan tingkah laku melalui pendidikan dalam pembentukan karakter anak yang tentunya sudah dimulai sejak kecil di dalam keluarga. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses komunikasi interpersonal seorang Ibu dalam pembentukan karakter anak dan mengetahui perbandingan cara mengimplementasikan komunikasi interpersonal antara wanita karir dan Ibu rumah tangga dengan anak. Adapun teori yang digunakan peneliti yaitu teori hubungan dan teori Johari Window. Pendekatan yang dilakukan peneliti adalah pendekatan kualitatif deskriptif untuk menjelaskan secara mendalam permasalahan yang akan diteliti dengan teknik pengumpulan data purposive sampling. Subyek penelitian dalam penelitian ini berjumlah empat orang, mereka merupakan dua orang wanita karir dan dua orang Ibu rumah tangga yang bertempat tinggal di Perumahan Landungsari Asri Malang. Sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman. Untuk uji keabsahan data menggunakan tringulasi sumber. Dari hasil penelitian secara garis besar mengambarkan bahwa proses komunikasi interpersonal seorang Ibu dalam pembentukan karakter anak sangat diperlukan dalam lingkungan terkecil yaitu keluarga. Disini dapat dilihat bagaimana peranan Ibu dalam memahami dan membentuk karakter anak, karena sebagai figur terdekat anak Ibu dapat menjadi contoh yang baik. Berbagai upaya yang dilakukan Ibu dalam membimbing anak sehubungan dengan perannya dalam mencapai perkembangan perkembangan kepribadian dan karakter anak serta sebagai landasan bagi anak dlaam menghadapi kehidupan yang selanjutnya. Sepertin keempat subyek penelitian yang karena pada dasarnya subyek masih dapat melakukan komunikasi dan berperan penting bagi anak. Sebagai orang tua menjadi contoh dan tauladan bagi anak, menanamkan kedekatan dan keterbukaan pada anak serta keluarga. Dari keempat subyek peneliti ada yang kurang maksimal dalam melakukan proses komunikasi dalam pembentukan karakter anak yaitu subyek 1 dan 2 yang merupakan seorang wanita karir dan memiliki kesibukan tersendiri diluar rumah sehingga intensitas waktu anak berkurang dan relatif sedikit. Selain itu jika orang tua sibuk, maka dapat mempercayakan anggota keluarga yang lain untuk mendampingi anak.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: CKO Repository
Date Deposited: 24 Mar 2016 08:25
Last Modified: 24 Mar 2016 08:25
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/22192

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo