UMM Institutional Repository

KONSTRUKSI PEMBERITAAN "KONFLIK ATAU PERSETERUAN KOMISI PEMBERANTASAN KORUPSI (KPK) DAN KEPOLISIAN NEGARA REPUBLIK INDONESIA (POLRI)" (Analisis Framing pada Harian KOMPAS dan REPUBLIKA edisi 24-31 Januari 2015)

Hastoro, (2015) KONSTRUKSI PEMBERITAAN "KONFLIK ATAU PERSETERUAN KOMISI PEMBERANTASAN KORUPSI (KPK) DAN KEPOLISIAN NEGARA REPUBLIK INDONESIA (POLRI)" (Analisis Framing pada Harian KOMPAS dan REPUBLIKA edisi 24-31 Januari 2015). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-hastoro082-40384-2-babi.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-hastoro082-40384-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kasus perseteruan antara KPK dengan Polri ini tentu saja mendapatkan perhatian kusus dari media media di Indonesia, tidak terkecuali media cetak KOMPAS dan REPUBLIKA. kedua media cetak ini berusaha memenuhi kebutuhan masyarakat tentang bagaimana proses dan imbas dari konflik tersebut. Pemberitaan dala media tersebut dikonstruksi secara berkesinambungan dari awal mencuaknya kasus tersebut hingga perseteruan semakin meluas. KOMPAS dan REPUBLIKA dipilih oleh peneliti karna kedua media cetak ini memeiliki karakter pemberitaan politik yang kuat.dari latar belakang tersebut kemudian bisa dibuat sebuah rumusan masalah, Bagaimana media cetak yakni Harian KOMPAS dan REPUBLIKA mengkonstruksi pemberitaan "Konflik atau perseteruan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Kepolisian Negara Republik Indonesia (POLRI)"? Tipe penelitian yang digunakan adalah deskriptif yang bertujuan membuat deskripsi secara sistematis, faktual, dan akurat tentang fakta-fakta dan sifat-sifat populasi atau objek tertentu (Kriyantono,2006:69). Sedangkan dasar penelitian ini adalah analisis framing yang digunakan dalam mengalisis implementasi prinsip-prinsip jurnalisme.adapun model yang digunakan dalam analisis framing ini adalah adalah model framing yang dikemukakan oleh Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicki. Yang memiliki konsep analisis dari empat faktor yakni, Sintaksis, Skrip, Tematik dan Retoris. Hasil penelitian tersebut menunjukkan adanya beberapa perbedaan pembingkaian pada setiap berita yang diterbitkan oleh Harian KOMPAS maupun Harian REPUBLIKA hal ini tentu kembali kepada faktor karakteristik media media tersebut, dimana memiliki ciri khas dan segmented pembaca yang jelas jauh berbeda. Melalui beberapa konten teks berita yang munculkan ada perbedaan penggunaan gaya bahasa serta kelengkapan konten framing lainnya seperti maksimalnya Harian KOMPAS dalam penggunaan visualisasi gambar. Berdasarkan hasil penelitian dan setelah dilakukan analisis framing Dapat disimpulkan bahwa Analisis Framing dari situs media cetak Harian KOMPAS dengan harian REPUBLIKA memberikan arti bahwa media masih menjadi alat sebagai kontrol sosial disetiap isu yang ada, terlebih seperti isu-isu politik. Melalui analisis framing peneliti dapat membedakan bagaimana setiap media memiliki sifat atau karakter berbeda disetiap pembingkaian suatu isu meski dalam konteks berita yang sama. Pemberitaan Politik masiih menajadi isu yang cukup menyita perhatia masyrakat, atas dasar itulah kemudian Harian KOMPAS dan Harian REPUBLIKA menempatkan konflik KPK dengan Polri tersebut kedalam Headline di rentan Edisi Januari.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: CKO Repository
Date Deposited: 24 Mar 2016 08:20
Last Modified: 15 Feb 2018 07:10
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/22187

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo