UMM Institutional Repository

Komunikasi Interpersonal Pasangan Suami Istri Dalam Hubungan Awal Pernikahan

Negara, Herlina Nurma (2015) Komunikasi Interpersonal Pasangan Suami Istri Dalam Hubungan Awal Pernikahan. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-herlinanur-40385-2-babi.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-herlinanur-40385-1-pendahul-n.pdf

Download (904kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini didasari atas fenomena Komunikasi interpersonal pasangan suami istri dalam hubungan awal pernikahan, yang mana menjalin komunikasi dengan baik antar pasangan untuk menegenali karakter dan saling memahami satu sama lain agar tidak timbul permasalahan dalam menjalin kehidupan rumah tangga. Seperti menjalin komunikasi terhadap orang tua kedua atau mertuadan berkomunikasi secara baik terhadap saudara ipar selaku keluarga baru dengan berbagai pendekatan komunikasi untung membangun sebuah ikatan kekeluargaan yang baru dan harmonis tanpa terjadi konflik karena salah berkomunikasi. Proses Komunikasi pasangan yang baru menikah merupakan tugas utama bagi pasangan suami istri tersebut untuk membangun komunikasi yang baik terhadap pasangan agar timbul kepercayaan dan menghindari permasalahan yang sering muncul di hubungan yang masih awal dalam sebuah pernikahan. Dan melakukan proses komunikasi secara baik guna mendekatkan diri dan mengenal pribadi dari mertua dan saudara ipar untuk membangun suatu komunikasi yang baik dalam sebuah keluarga yang baru berjalan kurang lebih satu tahun. Melakukan komunikasi yang intim dengan membicarakan rencana masa depan bersama pasangan dan menjadikan orang tua sebagai gambaran masa depan yang baik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan wawancara dengan pasangan yang baru menikah kurang lebih satu tahun yaitu andi yang berumur 27 tahun dengan andini 25 tahun dengan paut usia dua tahun guna mendapatkan informasi secara mendalam bagaimana cara pendekatan komunikasi yang dilakukan pasangan tersebut serta menelaah data sekunder dari draf dokumentasi berupa foto-foto kebersamaan keluarga, percakapan suami istri dalam smz dan gambar catatan panggilan telephone Dalam mencapai tujuan untuk memperoleh informasi mengenai Komunikasi Inter Personal Pasangan Suami Istri Dalam Hubungan Awal Pernikahan. Hasil penelitian pada Komunikasi Interpersonal Pasangan Suami Istri Dalam Hubungan Awal Pernikahan menggunakan banyak pendekatan dan menggunakan teori penetrasi sosial yang menggambarkan serta menguraikan hubungan antar dua individu atau lebih berkembang dari asalanya yang dangkal atau tidak intim, menjadi lebih personal atau lebih intim. komunikasi seperti kepada pasangan melalaui media ataupun langsung secara sering untuk mengetahui kepribadian dari pasangan dan menjaga keharmonisan hubungan rumah tangga dengan berbagai perencanaan kedepan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: CKO Repository
Date Deposited: 24 Mar 2016 08:21
Last Modified: 24 Mar 2016 08:21
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/22185

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo