UMM Institutional Repository

PERSONAL BRANDING TOKOH MELALUI MEDIA SOSIAL (Analisis Isi Pada Akun Instagram Ani Yudhoyono (@AniYudhoyono) Pasca Jabatan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono)

AMANDA, FARA CLAUDIA (2015) PERSONAL BRANDING TOKOH MELALUI MEDIA SOSIAL (Analisis Isi Pada Akun Instagram Ani Yudhoyono (@AniYudhoyono) Pasca Jabatan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-faraclaudi-40393-2-babi.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-faraclaudi-40393-1-pendahul-n.pdf

Download (528kB) | Preview

Abstract

Penelitian merupakan hasil analisis yang didasarkan pada keberadaan media sosial yang digunakan sebagai media pencitraan seorang individu. Isu diangkat berdasarkan pada eksistensi tokoh di media sosial, yaitu Ani Yudhoyono yang merupakan public figure terbilang aktif menggunakan media sosial instagram. Sehingga tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan isi akun instagram Ani Yudhoyono melalui foto beserta captionnya dengan menggunakan teori Personal Branding dimana analisis yang dilakukan mengacu pada tujuh elemen personal branding yang kemukakan oleh Chris Brogan yaitu Kepercayaan Diri, Menjadi Diri Sendiri, Menawarkan Nilai, Menentukan Tujuan, Inovasi, Bertanggung Jawab, dan Komunikasi Secara Efektif. Penelitian ini menggunakan metode analisis isi dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif deskriptif. Metode penelitian ini dipilih untuk menganalisis isi akun instagram Ani Yudhoyono pasca jabatan presiden SBY secara mendalam kemudian data yang diperoleh dideskripsikan secara sistematis dan objektif. Dimana ruang lingkup penelitian ini adalah 35 foto beserta caption dari minggu ketiga bulan Oktober – Desember 2014. Hasil penelitian pada isi akun instragram Ani Yudhoyono pasca jabatan presiden SBY berdasarkan unit analisis, diawali dengan elemen kepercayaan diri dimana Ani memberi kesan akan dirinya dan keluarganya sebagai keluarga yang harmonis dan kompak, hingga elemen komunikasi secara efektif yang merupakan bentuk komunikasi untuk menjalin hubungan baik dengan orang lain. Karena semakin banyak atribut seorang individu, maka semakin tinggi juga tingkat relasi yang ada pada personal branding yang di bangunnya. Kesimpulan dari analisis yang dilakukan pada isi akun instagram Ani Yudhoyono pasca jabatan presiden SBY, secara keseluruhan, analisis isi akun instagram @AniYudhoyono yang meliputi foto beserta captionnya pasca jabatan presiden Susilo Bambang Yudhoyono, di dominasi oleh elemen Menjadi Diri Sendiri karena Ani menjadi dirinya sendiri apa adanya dengan peran yang dijalani sebagai seorang istri, ibu, dan nenek bagi keluarganya. Dan akun instagram menunjukkan bahwa Ani tidak hanya mem-branding dirinya, namun turut membranding keluarga dan kegiatan yang dijalaninya. Akun instagram Ani juga menunjukkan sisi kehidupan keluarga presiden saat menjabat dan pasca menjabat sebagai presiden dari kacamata seorang ibu negara yang mendampingi suaminya hingga akhir masa jabatannya sebagai presiden ke 6 Republik Indonesia.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: CKO Repository
Date Deposited: 24 Mar 2016 08:16
Last Modified: 24 Mar 2016 08:16
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/22183

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo