UMM Institutional Repository

Pola Komunikasi Internal Organisasi Melalui Teknologi Komunikasi di RSJ. Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang (Studi pada Karyawan Pengguna Smartphone)

Firmania, Lis Priantika Dwi (2015) Pola Komunikasi Internal Organisasi Melalui Teknologi Komunikasi di RSJ. Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang (Studi pada Karyawan Pengguna Smartphone). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-lisprianti-40395-2-babi.pdf

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-lisprianti-40395-1-pendahul-n.pdf

Download (615kB) | Preview

Abstract

Komunikasi adalah aktivitas dasar manusia. Hampir seluruh kegiatan manusia dalam keseharianya melakukan komunikasi. Demikian juga yang terjadi dalam organisasi. Komunikasi dalam organisasi menjadi sistem aliran yang menghubungkan dan membangkitkan kinerja antar bagian sehingga menghasilkan sinergi. Jadi tujuan dari komunikasi organisasi adalah untuk menyatukan visi dan misi untuk mencapai tujuan bersama organisasi. Komunikasi yang efektif sangat penting untuk berjalannya sebuah organisasi,karena pada dasarnya aliran pesan yang terjadi di dalam organisasi bersifat dinamik dan berkesinambungan. Untuk mendukung komunikasi efektif dibutuhkan peran media. Seiring dengan perkembangan teknologi komunikasi, banyak dari organisasi yang memanfaatkan teknologi tersebut dalam komunikasi internal organisasi. Begitu juga yang terjadi di dalam organisasi RSJ. Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang. Penelitian ini bertujuanuntukmendeskripsikankomunikasi internal melalui teknologi komunikasi diRSJ. Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang. Yang dimaksud dengan pola dalam penelitian ini meliputi tiga aspek yaitu aliran pesan komunikasi, bentuk pesan yang digunakan dalam organisasi, dan waktu aktif penggunaan teknologi komunikasi. Penelitian ini menggunakan teori determinasi teknologi dari Marshal Mc Luhan yang menyatakan bahwa teknologi dapat membentuk individu bagaimana cara berpikir, berperilaku dalam masyarakat Subjek dalam penelitian ini adalah karyawan RSJ. Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang, yang ditentukan menggunakan teknik purposive sampling dan didapat 5 subjek penelitian. Penelitian ini menggunakan metode deksriptif kualitatif. Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah model interaktif Miles dan Huberman, serta teknik keabsahan data yaitu membandingkan data hasil pengamatan dengan hasil wawancara. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Aliran pesan yang terjadi dalam komunikasi internal menggunakan pola semua saluran dan sifat penyebaran informasi secara berurutan (2) Bentuk komunikasi yang sering digunakan melalui smartphone adalah komunikasi verbal dan bentuknya lebih merujuk pada komunikasi tertulis, untuk sifat pesan yaitu formal dan informal tergantung dari cara penyampaian dan isi pesan, dan arus komunikasi meliputi komunikasi ke atas, ke bawah, dan ke samping (3) Ditinjau dari waktu aktif penggunaan teknologi komunikasi, rata-rata subjek penelitian selalu menggunakan smartphone untuk menunjang proses komunikasi internal organisasi. Terkait dengan teori determinasi teknologi, ditinjau dari karakteristik teknologi komunikasi yang memudahkan penyebaran pesan berlangsung cepat tanpa terbatas jarak dan waktu mempengaruhi karakter subjek penelitian agar informasi atau pesan dapat tersampaikan kepada komunikan secara cepat dan efektif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: CKO Repository
Date Deposited: 24 Mar 2016 08:11
Last Modified: 24 Mar 2016 08:11
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/22178

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo