UMM Institutional Repository

KOMUNIKASI KOMUNITAS MELALUI MEDIA SOSIAL (Analisis Isi Akun Twitter Komunitas Sastra Fiksimini Indonesia)

Amali, Muhammad Thoyib (2015) KOMUNIKASI KOMUNITAS MELALUI MEDIA SOSIAL (Analisis Isi Akun Twitter Komunitas Sastra Fiksimini Indonesia). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-muhammadth-40396-2-babi.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-muhammadth-40396-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan data dari semiocast.com Indonesia berada di posisi kelima sebagai pengguna twitter terbanyak di dunia, dan Jakarta menduduki peringkat pertama sebagai kota yang aktif melakukan aktifitas tweeting di dunia. Media sosial twitter sebagai salah satu bentuk dari media baru telah memunculkan berbagai macam informasi yang bisa dikomunikasikan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi isi tweet-tweet yang dikomunikasikan komunitas Fiksimini Indonesia, sebuah komunitas sastra yang aktif memproduksi karya fiksi pendek tiap harinya melalui akun twitter @fiksimini. Meski peneliti menjadikan komunitas sastra sebagai objek penelitian, namun pada konsepnya penelitian ini hanya menggambarkan realita yang ada melalui isi komunikasinya. Teori-teori yang digunakan peneliti sebagai landasan pada penelitian ini adalah Technological Determinism Theory, Media Richness Theory dan Symbolic Interaction Theory Teori-teori tersebut digunakan oleh peneliti untuk membantu mengungkapkan fenomena yang terjadi seperti perubahan pada cara komunikasi manusia, banyaknya informasi yang bisa diakses dan diproduksi, hingga pembelajaran tentang nilai-nilai sosial yang bisa didapat melalui twitter. Metode yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif yang berlandaskan pada teknik analisis isi terarah (directed content analysis) terhadap akun twitter @fiksimini dengan kategorisasi tweet fiksimini, tweet informasi, tweet pembelajaran dan tweet penghubung. Hasil penelitian yang diperoleh antara lain komunitas Fiksimini Indonesia berkomunikasi dengan para anggota komunitasnya melalui pengusulan topik fiksimini sebagai bentuk sharing karya, sharing informasi terkait kegiatan komunitas dan kegiatan lain di luar komunitas hingga informasi tentang buku yang layak dibaca, pembelajaran tentang fiksimini hingga pembelajaran tentang nilai-nilai penghargaan terhadap karya orang lain, dan penghubung antar anggota komunitas dan komunitas lain melalui komunikasi yang dimediasi oleh moderator akun @fiksimini. Berdasarkan hasil penelitian tersebut peneliti menyimpulkan isi dari tweet-tweet yang dikomunikasikan oleh komunitas Fiksimini Indonesia ke dalam empat dimensi diantaranya komunikasi dengan tweet fiksimini, tweet pesan informasi, tweet pesan pembelajaran serta tweet yang bertujuan untuk membangun relasi antar anggota komunitas dan komunitas lain.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: CKO Repository
Date Deposited: 24 Mar 2016 08:09
Last Modified: 24 Mar 2016 08:09
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/22177

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo