UMM Institutional Repository

Low Cost Smart Home Controller Over Internet Menggunakan Single Board Computer Berbasis Web

Mahendra, Moch Dedi (2015) Low Cost Smart Home Controller Over Internet Menggunakan Single Board Computer Berbasis Web. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-mochdedima-40838-1-pendahul-n.pdf

Download (909kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-mochdedima-40838-2-babi.pdf

Download (140kB) | Preview

Abstract

Smart Home adalah sistem otomatisasi rumah agar dapat dikendalikan dimana saja. Implementasi smart home banyak sekali diantaranya kontrol lampu dan kamera pengawas yang dijadikan sebagai sistem keamanan rumah. Untuk menekan biaya operasional yang besar pada sistem smart home yaitu menggunakan Single Board Computer (Banana Pi) dan webcam sebagai kamera pengawas. Banana Pi berfungsi sebagai controller dari sistem smart home yang sangat cocok karena hanya membutuhkan daya yang rendah dan mempunyai spesifikasi yang tinggi dengan harga yang terjangkau.Untuk kontrol webcam sebagai kamera pengawas dibutuhkan Zoneminder sebagai controller webcam yang diinstall pada Banana Pi. Sistem smart home ini berbasis web sehingga dapat diakses melalui web browser pada komputer atau smartphone. Untuk kontrol lampu menggunakan pin GPIO yang terdapat pada Banana Pi yang dapat dikontrol melalui web dengan memprogram pin GPIO menggunakan bahasa pemrograman Python dan PHP. Sistem smart home ini menggunakan koneksi internet yang mempunyai ip public pada Banana Pi untuk mengontrol sistem dimana saja dengan menggunakan komputer atau smartphone yang terkoneksi internet. Record video menggunakan Zoneminder dengan frame 320x240 pada 8 fps dan berdurasi 30 menit menghasilkan video sebesar 43,66 MB. Pada pemilihan jaringan internet untuk sistem ini bisa menggunakan USB modem dengan VPN sebagai alternatif pilihan jika tidak mempunyai ip public pada Banana Pi. Untuk streaming webcam melalui jaringan USB modem dengan VPN membutuhkan bandwidth sebesar 22,48 MB. Kendala pada saat menggunakan USB modem yaitu terjadi delay yang besar karena sinyal yang buruk dari USB modem itu.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics (55201)
Depositing User: CKO Repository
Date Deposited: 24 Mar 2016 07:59
Last Modified: 24 Mar 2016 07:59
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/22172

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo