UMM Institutional Repository

BINGKAI BERITA DAERAH TERTINGGAL PADA MEDIA PEMERINTAH DALAM MEMBANGUN IMAGE DAERAH (Analisis Framing pada Website Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara, Kalimantan Selatan Periode Tahun 2014)

Faridh, Muhammad (2015) BINGKAI BERITA DAERAH TERTINGGAL PADA MEDIA PEMERINTAH DALAM MEMBANGUN IMAGE DAERAH (Analisis Framing pada Website Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara, Kalimantan Selatan Periode Tahun 2014). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-muhammadfa-40400-1-pendahul-n.pdf

Download (313kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-muhammadfa-40400-2-babi.pdf

Download (340kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mengangkat sebuah daerah di Kalimantan Selatan yaitu kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU). HSU merupakan satu-satunya kabupaten yang berstatus sebagai daerah tertinggal di Kalimantan Selatan. Sumberdaya alam yang minim merupakan indikator daerah ini berstatus tertinggal. Padahal Kalimantan Selatan merupakan daerah yang kaya akan sumber daya alam. HSU menjadi tertinggal terjadi setelah kabupaten Balangan memekarkan diri sebagai daerah yang terpisah dari HSU. HSU menjadi kehilangan potensi alam yang sebelumnya dimiliki yaitu batubara dan minyak bumi hingga pada akhirnya HSU menjadi daerah berstatus tertinggal di Kalimantan Selatan. Meskipun berstatus daerah tertinggal nyatanya pemerintah HSU mampu memanfaatkan media online www.humas-pemkabhsu.com sebagai media publikasi. Website ini digunakan pemerintah untuk menyebarluaskan berbagai informasi kepada publik. Selain itu, berita yang dimuat pada website tersebut juga digunakan dalam membangun image daerah tertinggal yang selama ini disandang oleh HSU. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk menginterpretasikan bagaimana bingkai pemberitaan pada media pemerintah HSU dalam membangun image daerah tertinggal. Untuk menginterpretasikan bingkai pemberitaan pemerintah HSU maka penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Tipe penelitian ini adalah interpretatif dengan dasar penelitian adalah analisis framing. Ruang lingkup penelitian menglasifikasi berita yang berhubungan dengan daerah tertinggal, prestasi masyarakat, kemajuan daerah, dan daerah unggul. Periode rilis berita yang diteliti adalah periode September-Desember 2014. Pada periode itu ditemukan sepuluh berita yang sesuai dengan klasifikasi yang telah ditentukan. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data analisis framing model William A. Gamson. Lebih lanjut, sepuluh berita tersebut selanjutnya dianalisis sesuai perangkat framing dan perangkat penalaran yang ada pada model William A. Gamson. Penelitian ini menemukan hasil bahwa pemerintah HSU membangun citra melalui pengembangan potensi sumberdaya alam selain minyak bumi dan batubara. Tidak hanya itu, pembangunan citra juga dilakukan melalui prestasi sumberdaya manusia dan pemerintah HSU Hal ini semua akan membangun citra positif untuk HSU sebagai daerah yang unggul. Dari hasil penelitian tersebut peneliti dapat menyimpulkan bahwa pemerintah HSU melakukan pembingkaian berita pada www.humas-pemkabhsu.com untuk membangun citra bahwa HSU adalah daerah unggul dan berprestasi bukan sebagai daerah tertinggal. Lebih lanjut, citra tertinggal yang merupakan dampak dari status tertinggal tertutupi dengan keunggulan potensi alam/ daerah HSU, prestasi sumberdaya manusia HSU, dan prestasi pemerintah HSU. Deskripsi Alternatif :

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: CKO Repository
Date Deposited: 24 Mar 2016 07:57
Last Modified: 24 Mar 2016 07:57
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/22170

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo