UMM Institutional Repository

PERAN HUMAS RUMAH SAKIT UMUM DALAM MEDIA RELATIONS (Studi Pada Humas Rumah Sakit Umum Universitas Muhammadiyah Malang)

Kurniawati, Nurisna (2015) PERAN HUMAS RUMAH SAKIT UMUM DALAM MEDIA RELATIONS (Studi Pada Humas Rumah Sakit Umum Universitas Muhammadiyah Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nurisnakur-40403-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nurisnakur-40403-2-babi.pdf

Download (114kB) | Preview

Abstract

RSU UMM merupakan rumah sakit swasta yang baru saja beroperasi pada awal tahun 2013. Tidak mudah untuk menarik kepercayaan dan loyalitas dari publik eksternal tanpa peran humas dan jalinan hubungan baik dengan wartawan dari suatu media. Karena media merupakan kepanjangtanganan dari Humas RSU UMM. Media merupakan alat bagi humas untuk menyebarkan informasi rumah sakit yang harus diketahui masyarakat. Lebih lanjut, untuk menggambarkan bagaimana peran Humas RSU UMM dalam media relations maka penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Untuk teknik pengumpulan datanya, peneliti menggunakan teknik wawancara mendalam kepada Kepala Bagian Humas dan Kerjasama, Wakil Direktur Umum dan Keuangan, Staf Humas dan Kerjasama, serta tiga wartawan yang masih dan pernah menjalin relasi dengan rumah sakit. Kemudian, peneliti menggunakan triangulasi sumber dan metode untuk keabsahan data. Langkah selanjutnya, untuk menganalisis datanya peneliti menggunakan filling system. Hasil dari penggalian, penyajian dan pembahasan data diperoleh gambaran bahwa Humas RSU UMM belum menjalankan perannya sebagai penasehat ahli sesuai dengan posisi atau struktur organisasi humas di rumah sakit bukan berada di boundary spanning. Sementara itu, Humas RSU UMM berperan sebagai fasilisator komunikasi dan pemecahan masalah yakni dengan memberikan pelayanan maksimal, menetapkan prosedur peliputan, memfasilitasi alat, menjadi mediator wartawan dengan pihak lain, dan memiliki tim untuk mengatasi krisis. Sebagai tehnisi, humas telah membuat kegiatan wawancara pers, beberapa event yang turut mengundang wartawan, membuat release untuk website, dan membuat press cliping.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: CKO Repository
Date Deposited: 24 Mar 2016 07:40
Last Modified: 24 Mar 2016 07:40
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/22157

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo