UMM Institutional Repository

POLA KOMUNIKASI PADA MALANG CORRUPTION WATCH (MCW) ( Studi Pada Divisi MCW)

Lestari, Putri Wahyu (2015) POLA KOMUNIKASI PADA MALANG CORRUPTION WATCH (MCW) ( Studi Pada Divisi MCW). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-putriwahyu-40416-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-putriwahyu-40416-2-babi.pdf

Download (22kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini didasari atas ketertarikan peneliti akan peran penting komunikasi. Seperti yang kita ketahui komunikasi juga berperan penting untuk kelangsungan suatu organisasi atau lembaga atau kelompok atau komunitas. Dengan adanya komunikasi yang baik, suatu organisasi dapat berjalan dengan baik pula dan jika tidak adanya komunikasi yang baik maka organisasi itu akan berjalan berantakan atau tak terarah. Begitulah dengan Malang Corruption Watch yang merupakan lembaga independen yang mampu bertahan dan berkembang. Maka dari itulah peneliti tertarik untuk mengetahui bagaimana pola komunikasi yang terjadi pada Malang Corruption Watch. Untuk menjawab rumusan masalah yang dikemukan, maka peneliti menjawab dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis atau tipe penelitian deskriptif. Peneliti menggunakan teori Birokrasi. Data-data penelitian dikumpulkan dengan cara wawancara, observasi, dan juga dokumentasi yang langsung berhadapan dengan enam informan. Sementara itu penelitian ini hanya memfokuskan pada pola komunikasi saja yang meliputi sifat aliran, arah aliran dan pola jaringan komunikasi. Untuk menjaga kredibilitas hasil penelitian yang dilakukan, peneliti menggunakan tekhnik keabsahan data. Dari hasil penelitian tentang pola komunikasi pada Malang Corruption watch Dalam mencapai tujuan organisasi, sifat aliran komunikasi yang digunakan adalah sifat aliran kombinasi yaitu serentak dan berurutan. Sifat aliran kombinasi ini digunakan pada waktu yang tidak bersamaan. Jika sifat aliran secara serentak digunakan pada saat rapat rutin atau sesuai jadwal rapat, sedangkan sifat aliran secara berurutan ini terjadi pada saat pendalaman kerja personal atau pada saat hal yang mendadak. Sedangkan arah komunikasi pada Malang Corruption Watch penggunaan komunikasi kebawah digunakan untuk pengarahan atau pemberian tugas, untuk komunikasi keatas digunakan untuk evaluasi atau laporan tugas yang sudah terlaksana, untuk komunikasi horizontal digunakan untuk meningkatkan kerja sama. Jaringan yang terdapat di malang Corruption Watch adanya opinion leader, gatekeeper, cosmopolite, bridge, liaison. Pada penelitian ini dapat diambil kesimpulan faktor terbentuknya pola komunikasi pada Malang Corruption Watch ini adalah seringnya para anggota-anggota organisasi tersebut berkumpul secara rutin. Serta menunjukkan bahwa adanya tergantungan dalam mengenai informasi seputar Malang Corruption Watch terhadap satu orang yaitu divisi riiset dan informasi yang merupakan pusat center untuk semua divisi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: CKO Repository
Date Deposited: 24 Mar 2016 07:38
Last Modified: 24 Mar 2016 07:38
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/22155

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo