UMM Institutional Repository

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DI KALANGAN MAHASISWA TERHADAP POLA KOMUNIKASI SOSIAL (Studi Pada Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Angkatan 2014 Universitas Muhammadiyah Malang)

IRIANTO, RIDWAN (2015) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DI KALANGAN MAHASISWA TERHADAP POLA KOMUNIKASI SOSIAL (Studi Pada Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Angkatan 2014 Universitas Muhammadiyah Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ridwaniria-40420-1-pendahul-n.pdf

Download (464kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ridwaniria-40420-2-babi.pdf

Download (19kB) | Preview

Abstract

Media sosial adalah suatu media yang dapat menghubungkan satu individu dengan individu yang lain,atau pun suatu kelompok dengan kelompok yang lain untuk melakukan suatu proses komunikasi secara tidak langsung. Sangat banyak media sosial yang ada di dunia, contohnya seperti FaceBook,Twetter, Line,Path,WeChat,BBM dan lain-lain. Tujuan penelitian yaitu 1) Untuk mengetahui dan menganalisis apakah terdapat pengaruh penggunaan media sosial di kalangan mahasiswa terhadap pola komunikasi sosial (Studi Pada Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang Angkatan 2014) 2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan media sosial di kalangan mahasiswa terhadap pola komunikasi sosial (Studi Pada Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang Angkatan 2014). Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, yaitu merupakan suatu pendekatan penelitian yang menekankan pada analisisnya pada data-data numerikal (angka) yang diolah dengan menggunakan metode statistika. Tipe penelitian ini adalah penelitian eksplanatif. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah Mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi Univeraitas Muhammadiyah Malang Angkatan 2014. Dasar penelitian ini adalah survey yang diartikan sebagai suatu metode pengumpulan data dengan menggunakan instrument kuesioner untuk mendapatkan tanggapan dari responden yang disampel Dalam penelitian ini pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling yaitu dengan alasan bahwa sebuah sampel yang akan diambil sedemikian rupa dari sebuah populasi akan mempunyai peluang yang sama dan bebas untuk dipilih ke dalam sampel, dan jumlah sampel penelitian dapat ditetapkan yaitu sebanyak 148. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linier sederhana dengan menggunakan uji F. Berdasarkan hasil penelitian di atas dan setelah melakukan analisis data, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media sosial di kalangan mahasiswa mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap pola komunikasi sosial, hasil tersebut dibuktikan dengan nilai F tabel sebesar 3,960, sedangkan F hitungnya diperoleh sebesar 115,848 sehingga dari perhitungan di atas dapat diketahui bahwa penggunaan media sosial di kalangan mahasiswa mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap pola komunikasi sosial. Besarmya pengaruh ditunjukkan dari nilai koefisien regresi variabel penggunaan media sosial di kalangan mahasiswa terhadap pola komunikasi sosial sebesar 0,334, artinya penggunaan media sosial di kalangan mahasiswa berpengaruh positif terhadap pola komunikasi sosial.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: CKO Repository
Date Deposited: 24 Mar 2016 07:24
Last Modified: 24 Mar 2016 07:24
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/22143

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo