UMM Institutional Repository

ANALISIS KESANTUNAN TUTURAN DALAM VIDEO IKLAN LAYANAN KESEHATAN MASYARAKAT

ISTIQOMAH, CHOIRIYATUL (2016) ANALISIS KESANTUNAN TUTURAN DALAM VIDEO IKLAN LAYANAN KESEHATAN MASYARAKAT. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-choiriyatu-42581-1-pendahul-n.pdf

Download (390kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-choiriyatu-42581-2-babi.pdf

Download (376kB) | Preview

Abstract

Iklan layanan kesehatan masyarakat dirancang sedemikian rupa untuk menarik perhatian konsumen agar membeli atau menggunakan barang atau jasa yang ditawarkan. Untuk itu, peran bahasa sangatlah penting. Dengan bahasa yang santun, menarik, indah, dan sesuai dengan sasaran yang hendak dicapai sehingga lebih mudah dimengerti. Bahasa di dalam iklan tersebut selama ini yang disiarkan dan ditayangkan tidak bisa lepas dari tindak tutur atau tindak ujar sebagai alatnya. Hal ini berpengaruh terhadap kesantunan tuturan yang digunakan. Kehadiran iklan layanan kesehatan masyarakat dalam komunikasi yang wajar dapat diasumsi bahwa seorang penutur mengartikulasi kesantunan tuturan dengan maksud untuk mengomunikasikan sesuatu kepada mitra tuturnya dengan baik. Kesantunan bertutur kata perlu ditanamkan dengan baik karena bahasa berperan penting dalam interaksi sosial sekaligus cerminan karakter seseorang. Seseorang yang baik budi dan karakternya tentulah tutur katanya juga santun. Tujuan terjalinnya kesantunan bertutur kata dalam iklan layanan kesehatan masyarakat agar penutur dan mitra tutur dapat memahami dan menerima apa yang dikomunikasikan tersebut dengan baik. Adapun tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan bentuk, fungsi, dan makna kesantunan tuturan dalam video iklan layanan kesehatan masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan pragmatik dengan jenis kualitatif yang menghasilkan data berbentuk deskripstif. Data penelitian ini berbentuk transkripsi data diperoleh dari tuturan video iklan layanan kesehatan masyarakat. Proses pengumpulan data dilakukan melalui tahapan, yaitu (1) mencari video di youtube untuk diunduh, (2) mentranskripsikan data, (3) membaca data, (4) menandai tuturan sesuai dengan bentuk, fungsi, dan makna kesantunan. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan,diperoleh kesimpulan bahwa dalam video iklan layanan kesehatan masyarakat sudah berbahasa secara santun dengan memenuhi maksim (1) maksim kearifan, (2) maksim kedermawanan, (3) maksim pujian, (4) maksim kerendahan hati, (5) maksim kesepakatan, dan (6) maksim simpati. Adapun fungsi kesantunan tuturan iklan layanan kesehatan masyarakat adalah fungsi kompetitif, bekerja sama dan menyenangkan. Makna kesantunan tuturan iklan layanan kesehatan masyarakat meliputi (1) asertif, (2) komisif, (3) direktif, (4) ekspresif, dan (5) deklaratif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Indonesia Language and Literature Education (88201)
Depositing User: CKO Repository
Date Deposited: 24 Mar 2016 07:09
Last Modified: 24 Mar 2016 07:09
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/22134

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo