UMM Institutional Repository

ANALISIS STRUKTUR KEPRIBADIAN TOKOH UTAMA PADA NOVEL OLENKA KARYA BUDI DARMA (TINJAUAN TEORI CARL GUSTAV JUNG)

CAHYANTO, DINO PURBO (2016) ANALISIS STRUKTUR KEPRIBADIAN TOKOH UTAMA PADA NOVEL OLENKA KARYA BUDI DARMA (TINJAUAN TEORI CARL GUSTAV JUNG). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-dinopurboc-42582-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-dinopurboc-42582-2-bab1.pdf

Download (393kB) | Preview

Abstract

Struktur kepribadian merupakan suatu pendekatan psikologi dengan menggunakan teori kepribadian untuk menjelaskan tentang kesadaran dan ketidaksadaran yang dialami tokoh utama terdapat di dalam novel. Penelitian ini merupakan hasil telaah deskriptif analisis tentang psikologi sastra yang berkaitan dengan struktur kepribadian tokoh utama dalam novel Olenka karya Budi Darma. Adapun permasalahan yang ingin diteliti adalah bagaimana deskripsi struktur kepribadian tokoh utama dalam novel “Olenka” karya Budi Darma menurut teori Carl Gustav Jung yang terdiri dari aspek ego, persona, ketidaksadaran pribadi, bayang-bayang, dan fungsi. Tujuan penelitian yang ingin dicapai adalah (1) Mendeskripsikan struktur kepribadian tokoh utama dari segi ego. (2) Mendeskripsikan struktur kepribadian tokoh utama dari segi persona. (3) Mendeskripsikan struktur kepribadian tokoh utama dari segi ketidaksadaran pribadi. (4) Mendeskripsikan struktur kepribadian tokoh utama dari segi bayang-bayang. (5) Mendeskripsikan struktur kepribadian tokoh utama dari segi fungsi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif yang bersifat kualitatif. Metodologi kualitatif adalah prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dan perilaku pada tokoh utama. Hasil penelitian ini. (1) Struktur kepribadian tokoh utama dari segi ego, diungkapkan bahwa tokoh utama mengalami alam sadar yang berupa persepsi, perasaan, dan pikiran karena keegonya untuk mencintai tokoh lain, sehingga mempengaruhi tingkah laku tokoh utama dalam menghadapi konflik yang terjadi dalam cerita tersebut. (2) Struktur kepribadian tokoh utama dari segi persona, diungkapkan bahwa adanya topeng atau kedok untuk menyembunyikan maksud dalam diri tokoh utama, yang terdiri dari perilaku dan ide-ide yang ada pada tokoh utama kepada tokoh-tokoh lain demi mencapai tujuan yang diinginkan. (3) Struktur kepribadian tokoh utama dari segi ketidaksadaran pribadi, diungkapkan bahwa tokoh utama memiliki ketidaksadaran pribadi berupa pengabaian pengalaman yang pernah dilakukan, yang berupa tingkah laku maupun hal-hal yang pernah dipikirkannya. (4) Struktur kepribadian tokoh utama dari segi bayang-bayang, diungkapkan bahwa tokoh utama memiliki sisi keburukan seperti perilaku-perilaku tidak menyenangkan dan pikiran negatif pada tokoh lain, yang jika dikaitkan dengan aspek moral, maka perilaku dan pikiran yang dialami tokoh utama tersebut termasuk perilaku dan pikiran yang melanggar nilai-nilai moral yang terdapat pada masyarakat. (5) Struktur kepribadian tokoh utama dari segi fungsi, diungkapkan bahwa tokoh utama memiliki perasaan, pengindriaan, pemikiran dan intuisi yang ada dalam diri tokoh utama, yang berperan penting bagi tokoh utama untuk memahami hakikat dirinya dalam menghadapi permasalahan yang dialami.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Indonesia Language and Literature Education (88201)
Depositing User: CKO Repository
Date Deposited: 24 Mar 2016 07:03
Last Modified: 24 Mar 2016 07:03
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/22132

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo