UMM Institutional Repository

SISTEM RELIGI DALAM NOVEL UPACARA KARYA KORRIE LAYUN RAMPAN

IMANINA, FAHRANI (2016) SISTEM RELIGI DALAM NOVEL UPACARA KARYA KORRIE LAYUN RAMPAN. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-fahraniima-42584-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-fahraniima-42584-2-babi.pdf

Download (834kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan hasil dari refleksi sistem religi dalam novel Upacara karya Korrie Layun Rampan. Adapun rumusan penelitian ini mencakup (1) Bagaimanakah hubungan manusia dengan Tuhan yang terdapat dalam novel Upacara karya Korrie Layun Rampan terkait dengan sistem religi? (2) Bagaimanakah hubungan manusia dengan manusia yang terdapat dalam novel Upacara karya Korrie Layun Rampan terkait dengan sistem religi? (3) Bagaimanakah hubungan manusia dengan Alam yang terdapat dalam novel Upacara karya Korrie Layun Rampan terkait dengan sistem religi? Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, karena data yang diperoleh berupa deskripsi tentang kebudayaan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan antropologi sastra. Data penelitian ini berupa fakta dalam bentuk kata, frasa, satuan cerita, kalimat yang terkait dengan sistem religi dalam novel Upacara karya Korrie Layun Rampan.Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah teknik baca catat dan riset atau dokumentasi kepustakaan. Data diolah dengan menggunakan teknik deskripsi dan dilanjutkan dengan interpretasi kemudian dibuat kesimpulan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) Hubungan manusia dengan Tuhan yang terdapat dalam novel Upacara karya Korrie Layun Rampan terdiri dari tiga yaitu :(a) kepercayaan kepada Tuhan (keimanan) kepercayaan kepada Tuhan adalah hak dari setiap masing-masing individu,(b) pengabdian kepada tuhan,Tuhan adalah satu-satunya tempat manusia meminta. Segala doa dan permintaan hendaknya ditujukan kepada Tuhan Yang Maha Esa dan,(c) kepasrahan atau berserah diri kepada Tuhan.yaitu berserah diri berarti menyerahkan segala sesuatu hanya kepada Tuhan (2) Hubungan manusia dengan manusia yang terdapat dalam novel Upacara karya Korrie Layun Rampan terdiri dari tiga yaitu : (a) gotong-royong, gotong royong dapat menjadikan pekerjaan yang berat menjadi ringan, (b)musyawarah, musyawarah adalah salah satu jalan yang tepat untuk menemukan kesepakatan bersama di antara anggota masyarakat,dan (c) adil terhadap sesama, keadilan adalah suatu situasi di mana orang dapat saling memenuhi dan kewajiban-kewajibannya tanpa syarat apapun (3) Hubungan manusia dengan alam yang terdapat dalam novel Upacara karya Korrie Layun Rampan terdiri dari tiga yaitu : (a) rasa kagum terhadap alam dan kehidupan seni, rasa kagum terhadap alam dapat memberikan dampak positif untuk seseorang,(b)sikap hormat terhadap alam, sedikit banyaknya rezeki yang diterima seseorang, maka hendaknya penghormatan terhadap alam harus tetap dilakukan, dan (c) rasa tanggung jawab terhadap alam, bahwa keberlangsungan hidup hutan dan seisinya merupakan tanggung jawab bersama.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Indonesia Language and Literature Education (88201)
Depositing User: CKO Repository
Date Deposited: 24 Mar 2016 06:53
Last Modified: 24 Mar 2016 06:53
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/22129

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo