UMM Institutional Repository

PELAKSANAAN HAK-HAK KONSUMEN PENGGUNA JASA TAKSI YANG DIRUGIKAN AKIBAT PELANGGARAN HUKUM OLEH PENGEMUDI TAKSI (Studi kasus di Permata Taksi - PT Yani Putra di Gresik)

NURMALA, MAULINA PUSPITA DWI (2015) PELAKSANAAN HAK-HAK KONSUMEN PENGGUNA JASA TAKSI YANG DIRUGIKAN AKIBAT PELANGGARAN HUKUM OLEH PENGEMUDI TAKSI (Studi kasus di Permata Taksi - PT Yani Putra di Gresik). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-maulinapus-39619-1-pendahul-.pdf

Download (272kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-maulinapus-39619-2-babi.pdf

Download (133kB) | Preview

Abstract

Taksi adalah salah satu jenis angkutan umum yang mudah dijumpai dengan sistem pembayarannya menggunakan Argometer. Dengan argometer maka tarif dapat disesuaikan jarak yang ditempuh penumpangnya, selain itu taksi lebih aman dan nyaman dibanding angkutan umum lain karena penumpangnya tidak banyak. Namun, pada kenyataannya terdapat pelanggaran hukum yang dilakukan pengemudi taksi sehingga mengakibatkan kerugian materiil maupun kerugian immateriil bagi penumpang. Banyaknya kasus pelanggaran tersebut, Penulis melakukan sebuah penelitian berjudul “Pelaksanaan Hak-Hak Konsumen Pengguna Jasa Taksi yang Dirugikan Akibat Pelanggaran Hukum oleh Pengemudi Taksi (Studi Kasus di Permata Taksi-PT Yani Putra di Gresik)” dengan rumusan masalah : Pertama, Bagaimana bentuk pelanggaran hukum yang merugikan hak-hak pengguna jasa taksi oleh pengemudi Permata Taksi?. Kedua, Bagaimana upaya perlindungan hak-hak konsumen yang diberikan Permata Taksi apabila terjadi pelanggaran hukum oleh pengemudi Permata Taksi?. Sumber data primer diperoleh dari hasil wawancara dengan responden yakni pihak Permata Taksi, pengemudi Permata Taksi, dan penumpang taksi serta dokumen yang berasal dari perusahaan Permata Taksi, kemudian data sekunder diperoleh dari peraturan perundang-undangan yang berlaku. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan Yuridis Sosiologis yakni melihat hukum sebagai perilaku manusia dalam masyarakat. Kesimpulan yang diperoleh berdasarkan penelitian yakni bahwa pelanggaran hukum yang merugikan pengguna jasa taksi oleh pengemudi Permata Taksi diantaranya pelanggaran tarif, pelanggaran lalu lintas, bersikap tidak sopan pada penumpang, dan tidak menggunakan identitas saat bekerja. Perusahaan Permata Taksi telah melakukan beberapa upaya untuk mencegah dan menanggulangi pelanggaran hukum yang dilakukan pengemudi Permata Taksi yaitu upaya Preventif dan upaya Kuratif. Tetapi, meskipun telah dilakukan upaya-upaya tersebut, perusahaan harus tetap selektif dalam memilih pengemudi taksi baru dan selalu memberi bekal pengetahuan kepada setiap pengemudi sesuai dengan UU No. 22 tahun 2009 maupun peraturan lain yang berlaku serta harus selalu meningkatkan pengawasan agar tidak ada pelanggaran-pelanggaran hukum yang merugikan pengguna jasa Permata Taksi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: CKO Repository
Date Deposited: 24 Mar 2016 06:52
Last Modified: 24 Mar 2016 06:52
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/22126

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo