UMM Institutional Repository

ANALISIS IKLAN LAYANAN KESEHATAN MASYARAKAT NARKOBA DAN HIV/AIDS MELALUI PENDEKATAN SEMIOLOGI BARTHESA

LESTARI, RIRIS (2016) ANALISIS IKLAN LAYANAN KESEHATAN MASYARAKAT NARKOBA DAN HIV/AIDS MELALUI PENDEKATAN SEMIOLOGI BARTHESA. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ririslesta-42588-1-pendahul-n.pdf

Download (420kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ririslesta-42588-2-babi.pdf

Download (837kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan sebuah telaah tentang teori semiologi Roland Barthes dalam mengungkap makna yang terkandung dalam teks iklan layanan kesehatan masyarakat . Teks ini menarik untuk dikaji karena menggunakan bahasa yang memuat berbagai tanda. Adapun permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini (1) bagaimana makna denotasi teks layanan kesehatan masyarakat narkoba dan HIV/AIDS? (2) bagaimana makna konotasi teks iklan layanan kesehatan masyarakat narkoba dan HIV/AIDS? (3) bagaimana makna mitos teks iklan layanan kesehatan masyarakat narkoba dan HIV/AIDS? (4) bagaimana temuan konseptual mengenai teori semiologi Barthes sebagai alat analisis tanda pada teks iklan layanan kesehatan masyarakat? Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Adapun sumber datanya adalah teks iklan layanan kesehatan masyarakat narkoba dan HIV/AIDS. Data penelitian berupa kata, frasa, klausa dan kalimat dalam lima puluh dua teks iklan layanan kesehatan masyarakat yang diambil tiga puluh tiga sebagai objek teliti. Data dihimpun dalam sebuah instrumen berupa tabel yang telah ditentukan klasifikasinya berdasarkan teori semiologi Barthes. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa makna denotasi yang merupakan dasar pembentukan makna pada tahap sekunder makna berupa imbauan untuk menghindari narkoba, ajakan untuk penyelamatan terhadap narkoba, perintah untuk menghindari narkoba,dan pernyataan tentang bahaya narkoba. Makna konotasi yang berpijak pada makna denotasi terbentuk oleh penggunaan bahasa asosiasi yang menghasilkan makna berupa anjuran tidak langsung untuk menghindari HIV/AIDS, pilihan dalam menentukan tingkah laku, ajakan penyelamatan diri dari bahaya narkoba, dan perintah penyelamatan diri dari bahaya narkoba. Makna mitos terbentuk dari asosiasi makna denotasi dan makna konotasi dengan konteks di luar isi teks iklan layanan kesehatan masyarakat yang memunculkan mitos antara lain pilihan hidup seseorang ditentukan oleh diri sendiri, peningkatan kesadaran diri masyarakat dilakukan secara bersama-sama, narkoba dapat merusak jiwa dan penampilan seseorang dan penyelamatan diri dari narkoba harus dilakukan atau diawali dari diri sendiri.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Indonesia Language and Literature Education (88201)
Depositing User: CKO Repository
Date Deposited: 24 Mar 2016 06:44
Last Modified: 24 Mar 2016 06:44
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/22123

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo