UMM Institutional Repository

TELAAH PRINSIP KERJASAMA DALAM TINDAK TUTUR ACARA HITAM PUTIH DI TRANS7

PRASMADITA, SABRINA MAY (2016) TELAAH PRINSIP KERJASAMA DALAM TINDAK TUTUR ACARA HITAM PUTIH DI TRANS7. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-sabrinamay-42589-1-pendahul-..pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-sabrinamay-42589-2-3.babi.pdf

Download (448kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang prinsip kerjasama dalam tindak tutur acara hitam putih di trans7. Kerja sama yang terjadi dapat kita lihat pada tuturan yang dilakukan oleh pembawa acara dan bintang tamu yang hadir dalam episode tersebut. Hal menarik dari penelitian mengenai kerja sama dalam interaksi pada acara Hitam Putih adalah karena telah terjadi kerja sama dalam komunikasi yang dilakukan oleh peserta tutur, sehingga dapat tercipta interaksi komunikasi yang koheren. Penutur dan mitra tutur melakukan kerja sama dalam berkomunikasi dengan menggunakan bahasa yang dipahami oleh keduanya, sehingga antara penutur dan mitra tutur terjadi kesinambungan tuturan/pikiran. Adapun permasalahan penelitian ini mencakup (1) wujud kerjasama dalam tindak tutur acara Hitam Putih di Trans7, (2) fungsi tuturan dalam tindak tutur acara Hitam Putih di Trans7. Tujuan penelitian ini adalah memperoleh deskripsi wujud kerjasama dalam tindak tutur acara Hitam Putih di Trans7 dan mendeskripsikan fungsi tuturan dalam tindak tutur acara Hitam Putih di Trans7. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif, artinya dalam penelitian ini menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, artinya dalam penelitian ini peneliti membuat deskripsi, gambaran atau lukisan secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta, sifat-sifat serta hubungan antarfenomena yang diselidiki. Data dalam penelitian ini adalah tindak tutur dalam percakapan acara Hitam Putih di Trans7 yang diperoleh dari video acara Hitam Putih episode 2 Januari 2015 dan 6 Januari 2015 yang diunduh dari youtobe pada tanggal 12 Januari 2015 dan sudah ditranskripsikan. Alat utama yang digunakan untuk pengumpulan data ini yaitu dengan menggunakan teknik observasi, catatan lapangan, dokumentasi, dan analisis data. Hasil penelitian ini menjelaskan mengenai wujud kerjasama dan fungsi tuturan yang terdapat dalam acara Hitam Putih. Berdasarkan analisis dalam penelitian ini, diketahui bahwa wujud kerjasama dan fungsi tuturan terjadi dalam tindak tutur acara Hitam Putih di Trans7. Wujud kerjasama yang terjadi dalam tindak tutur acara Hitam Putih berupa maksim kuantitas, maksim kualitas, maksim cara, dan maksin relevansi. Fungsi tuturan dalam tindak tutur acara Hitam Putih dapat ditemukan beberapa fungsi tuturan, yaitu fungsi tuturan deklarasi, representatif, ekspresif, direktif, dan komisif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Indonesia Language and Literature Education (88201)
Depositing User: CKO Repository
Date Deposited: 24 Mar 2016 06:41
Last Modified: 24 Mar 2016 06:41
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/22121

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo