UMM Institutional Repository

PENGGUNAAN METAFORA DALAM BIDANG OLAHRAGA SEPAK BOLA PADA KORAN SURYAI

ANWARIYAH, SITI FARIDATUL (2016) PENGGUNAAN METAFORA DALAM BIDANG OLAHRAGA SEPAK BOLA PADA KORAN SURYAI. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-sitifarida-42591-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-sitifarida-42591-2-babi.pdf

Download (227kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk dan makna metafora yang terdapat pada koran Surya. Metafora merupakan pemakaian kata atau kelompok kata bukan dengan arti yang sebenarnya, melainkan sebagai lukisan yang berdasarkan persamaan atau perbandingan. Metafora merupakan salah satu jenis gaya bahasa atau gaya pengungkapan dengan membandingkan dua hal yang memiliki perbedaan makna dari makna aslinya, yakni makna literal atau harfiah. Penggunaan metafora telah tersebar luas ke dalam sendi-sendi kehidupan secara kompleks. Salah satunya pada surat kabar atau koran. Adapun permasalahan yang akan diteliti adalah (1) bagaimana bentuk metafora yang terdapat dalam bidang olahraga sepak bola pada koran surya, (2) bagaimana makna metafora yang digunakan dalam bidang olahraga sepak bola pada koran Surya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Adapun data dalam penelitian ini adalah data-data kualitatif yang berupa kata dan frasa yang terdapat dalam kolom soccer hot news pada Koran Surya. Sedangkan sumber data pada penelitian ini adalah Koran Surya edisi 2, 5, 15, 17, 22, 29 Maret 2015. Edisi tersebut diambil sebagai data penelitian karena pada tanggal tersebut peneliti pada penelitian ini banyak ditemukan data yang berupa kata dan frasa yang sesuai dengan rumusan masalah. Adapun hasil analisis berdasarkan telaah yang lebih lanjut terhadap penggunaan metafora dalam bidang olahraga pada koran Surya teridentifikasi (1) ditemukan adanya bentuk metafora yang terdapat dalam bidang olahraga sepak bola pada koran Surya yang berupa metafora antropomorfis, metafora binatang, metafora konkret ke abstrak, dan metafora sinestesia, dan (2) makna metafora yang digunakan dalam bidang olahraga sepak bola pada koran Surya ini memiliki makna metafora yang berupa makna kognitif dan makna non kognitif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Indonesia Language and Literature Education (88201)
Depositing User: CKO Repository
Date Deposited: 24 Mar 2016 06:34
Last Modified: 24 Mar 2016 06:34
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/22119

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo