UMM Institutional Repository

ANALISIS STRUKTUR BUDAYA PADA PANTUN BIMA (TINJAUAN SEMIOTIKA

Wulandari, Ningtias (2016) ANALISIS STRUKTUR BUDAYA PADA PANTUN BIMA (TINJAUAN SEMIOTIKA. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ningtiaswu-42794-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ningtiaswu-42794-2-bab1.pdf

Download (669kB) | Preview

Abstract

Pantun sebagai salah satu sastra lisan merupakan bagian dari budaya suatu masyarakat yang diwarisi secara lisan dan mengandung simbol-simbol. Dalam pantun Bima simbol digunakan sebagai nasihat untuk pendengar, pada umumnya pantun Bima itu sendiri diselenggarakan sebagai hiburan misalnya pada acara menyambut musim panen, acara pernikahan, maupun acara silaturahmi. Berkaitan dengan hal tersebut penelitian ini secara khusus membahas tentang pantun dari aspek simbol yang merupakan cakupan semiotika Pierce. Adapun permasalahan dalam penelitian ini yaitu (1) bentuk simbol pada pantun Bima (2) fungsi simbol pada pantun Bima (3) makna simbol pada pantun Bima. Pendekatan yang digunakan peneliti yaitu pendekatan kualitatif untuk menguaraikan tanda-tanda pada setiap kata ataupun kelompok kata pada pantun Bima. berkaitan dengan pendekatan tersebut maka penelitian ini tergolong dalam jenis penelitian deskriptif. Berikutnya untuk sistematika penelitian mengacu pada metode deskriptif dengan cara kerja peneliti sebagai pengiterpretasi fakta yang ditemukan pada pantun Bima.Adapun sumber data penelitian adalah sebelas pantun Bima, dengan demikian data atau simbol yang diperoleh berupa kata, frasa, maupun kalimat. Sumber data tersebut diambil oleh peneliti dari youtube oleh karena itu termasuk dalam pengumpulan data dengan teknik dokumentasi. Selanjutnya peneliti mengolah data dengan langkah-langkah (1) peneliti mengumpulkan variasi data yang terkait dengan rumusan masalah (2) menghubungkan data yang telah dikategorikan yaitu dengan cara mencari sebab-fenomena-konteks-kondisi (3) melakukan pemeriksaan kembali terhadap kategori yang telah disusun. Sedangkan analisis data yang dilakukan peneliti mengacu pada analisis semiotika Pierce. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) bentuk simbol pada pantun Bima berupa simbol universal ditandai dengan tingkah laku, flora, fauna dan fenomena alam dalam mayarakat Bima. Simbol kultur ditandai dengan benda-benda yang digunakan masyarakat. (2) Fungsi simbol pada pantun Bima mencakup simbol sebagai budaya yaitu gurauan yang digunakan antar pelantun dan juga berupa cemoohan untuk lawan pantun dan budaya masyarakat yang menurut pelantun tidak sesuai dengan etika. Fungsi simbol yang kedua yaitu simbol sebagai edukatif berupa pujian yang ditujukan kepada lawan pantun dan pelantun secara pribadi dan ditandai dengan penggunaan sindiran yang ditujukan kepada lawan pantun yang dapat dijadikan pembelajaran bagi pendengar. (3) Makna simbol pada pantun Bima meliputi makna etika yang mencakup nilai etika atau moral dalam masyarakat. Makna estetika ditandai dengan gagasan kreatif pelantun dalam memanfaatkan simbol untuk menyampaikan maksudnya. Makna filosofis mencakup keterbukaan, kritis dan kebersamaan masyarakat Bima yang digambarkan oleh pelantun.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Indonesia Language and Literature Education (88201)
Depositing User: CKO Repository
Date Deposited: 24 Mar 2016 06:27
Last Modified: 24 Mar 2016 06:27
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/22114

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo