UMM Institutional Repository

Kecenderungan Cara Penyampaian Pesan dalam Internet Meme (Analisi Isi Internet Meme dalam Akun Dagelan di Instagram periode 01 - 31 Januari 2015)

Ramadhana, Tiara Suci (2015) Kecenderungan Cara Penyampaian Pesan dalam Internet Meme (Analisi Isi Internet Meme dalam Akun Dagelan di Instagram periode 01 - 31 Januari 2015). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-tiarasucir-40432-1-pendahul-n.pdf

Download (815kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-tiarasucir-40432-2-babi.pdf

Download (727kB) | Preview

Abstract

Era globalisasi saat ini salah satunya ditandai dengan kemajuan teknologi khususnya dalam bidang komunikasi informasi. Munculnya internet sebagai bentuk teknologi baru dapat mempermudah seseorang dalam menyampaikan atau penyebaran pesan yang ingin di sampaikan kepada penerima tanpa memikirkan jarak ruang dan waktu. Internet membawa fenomena baru dibidang komunikasi, Salah satu fenomena komunikasi yang ada saat ini di tunjukan dengan munculnya internet meme yang memungkinkan orang untuk menuliskan pesan dalam bentuk foto yang terdapat tulisan didalamnya. penyampaian meme dapat dilihat dengan cara penyampaian pesan yang digunakan. Dalam media sosial instagram akun dagelan memiliki followers mecapai 2.1m. Hal menujukan netizen di Indonesia menggemari meme pada akun @dagelan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghitung sekaligus mengetahui kecenderungan cara penyampaian pesan internet meme pada akun @dagelan di Instagram periode tanggal 1- 31 januari 2015. Untuk mengetahui cara penyampaian yang digunakan akun instaram @dagelan, peneliti menggunakan model penyampaian pesan menurut Cassandra, yaitu emotional appeal, motivational appeal, dan humorious appeal.(Cangara, 2010). Dan kemudia model penyampaian pesan tersebut dijadikan sebagai kategori penelitian, lalu terdapat sub kategori. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan tipe penelitian deskriptif dan dasar penelitian menggunakan analisis isi. Analisis isi dipilih karena melalui analisis isi peneliti bertujuan menghitung modus frekuensi cara penyampaian pesan yang sering muncul pada akun instagram @dagelan kemudian medeskriptifkan secara objektif. Teknik pengumpulan datanya dengan mengumpulkan Screenshoot meme mulai 01-31 januari 2015 dan terdapat 150 meme yang menggunakan logo dagelan didalamnya.Ruang Alat ukur yang digunakan adalah lembar koding, peneliti dibantu oleh dua koder untuk menguji reabilitas. Berdasarkan hasil penelitian yang didapat oleh peneliti. Kecenderungan cara penyampaian pesan yang sering muncul pada akun instagram @dagelan adalah cara penyampaian pesan menggunakan Humorious Appeal sebanyak 78 meme atau 52% dengan subkategori humorious appeal sosial 36 meme dan humorious appeal percintaan 42 meme. Banyaknya pesan yang memiliki humorious appeal percintaan yang mengandung kelucuan, seperti menyindir seorang jomblo, memberikan rayuan gombal, bahkan mengejek percintaan seseorang yang dikemas singkat digunakan instagram @dagelan untuk menarik perhatian followers dan instagram menjadi media hiburan dengan menggunakan meme yang cendrung menghibur. kategori kedua Emotional Appeal sebanyak 65 meme atau 43.3% dengan sub kategori emotional appeal sedih 34 meme, emotional appeal bahagia 4 meme, emotional appeal marah 16 meme, dan kategori ketiga Motivational Appeal sebanyak 18 meme atau 12% dengan sub kategori motivasi menumbuhkan rasa semangat berjumlah 13 dan motivasi menumbuhkan rasa bersyukur 5 meme.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: CKO Repository
Date Deposited: 24 Mar 2016 06:28
Last Modified: 21 Feb 2018 02:24
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/22113

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo