UMM Institutional Repository

MUATAN KEKERASAN DALAM TAYANGAN SINETRON REMAJA (Analisis Isi Pada Sinetron Diam-Diam Suka Di SCTV Episode 212-216)

Pertiwi, Soraya Putri (2015) MUATAN KEKERASAN DALAM TAYANGAN SINETRON REMAJA (Analisis Isi Pada Sinetron Diam-Diam Suka Di SCTV Episode 212-216). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-sorayaputr-40539-1-pendahul-n.pdf

Download (508kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-sorayaputr-40539-2-babi.pdf

Download (537kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan seberapa besar prosentase muatan kekerasan dan untuk mengetahui apa saja bentuk kekerasan yang ada pada tayangan sinetron ini. Dalam hal tersebut dapat diketahui apakah tayangan sinetron remaja Diam-diam Suka telah menindak lanjuti dengan membenahi programnya setelah mendapat teguran dari KPI. Metode yang digunakan yakni analisis isi, dengan analisis isi dapat diketahui frekuensi kecenderungan isi kekerasan yang terdapat pada sinetron tersebut. Dan dengan analisis isi tersebut pula kita dapat mengetahui jenis kekerasan apa saja yang terdapat pada sinetron tersebut. Sementara untuk unit analisis dalam penelitian ini adalah per scene. Sedangkan untuk satuan ukur menggunakan satuan detik dari kemunculan kategori adegan kekerasan. Dan untuk sumber data adalah berupa video sinetron Diam-diam Suka yang telah peneliti unduh melalui situs youtube. Untuk teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan telaah dokumen. Uji reliabilitas, peneliti melakukan pengkodingan dan meminta dua koder, lalu untuk mengukurnya digunakan rumus Ole R. Holsty dan untuk menyempurnakan diperkuat dengan hasil reliabilitas menggunakan formula scott dengan menggunakan Pi indeks. Dan berdasar pada hasil penelitian ini. Dari lima episode yang dijadikan sampel yakni episode 212 sampai dengan 216 tersebut ditemukan kekerasan fisik ditampilkan sebanyak 3 kali dengan persentase sebesar 1%, sedangkan untuk kekerasan psikologis ditampilkan sebanyak 80 kali dengan persentase 81%. Untuk kekerasan fungsional, ditampilkan sebanyak 5 kali dengan persentase 5%, kekerasan relasional ditampilkan sebanyak 10 kali dengan persentase 10%. Dan yang terakhir untuk kekerasan seksual ditampilkan sebanyak satu kali dengan persentase sebesar 1%. Kesimpulan dari penelitian ini yakni, dari total durasi kekerasan yang muncul dalam tayangan sinetron Diam-diam Suka: Cinta Lama Bersemi Kembali yakni selama 700 detik dari total 14.703 detik dalam lima episode 212-216 atau sama dengan 4,76%. Hal tersebut menunjukkan bahwa dalam sinetron Diam-diam Suka: Cinta Lama Bersemi Kembali memuat durasi kekerasan yang tergolong sedikit. Maka hal tersebut dapat dilihat bahwa tayangan sinetron Diam-diam Suka: Cinta Lama Bersemi Kembal tayangan episode sebualn setelah mendapat teguran, belum terlalu membahayakan untuk ditonton karena persentase kemunculan kekerasan yang ditampikan tergolong sedikit.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: CKO Repository
Date Deposited: 24 Mar 2016 04:26
Last Modified: 24 Mar 2016 04:26
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/22072

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo