UMM Institutional Repository

Analisa Yuridis Terhadap Putusan Mahkamah Agung Nomor : 2581/ K/PDT/2008 ( Tentang Perkara Wanprestasi Dalam Perjanjian Pembiayaan Konsumen Antara PT. Verena Oto Finance Melawan Putu Sari Utami )

Hadiatullah, Rizki (2015) Analisa Yuridis Terhadap Putusan Mahkamah Agung Nomor : 2581/ K/PDT/2008 ( Tentang Perkara Wanprestasi Dalam Perjanjian Pembiayaan Konsumen Antara PT. Verena Oto Finance Melawan Putu Sari Utami ). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-rizkihadia-39790-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-rizkihadia-39790-2-babi.pdf

Download (165kB) | Preview

Abstract

Mahkamah Agung adalah lembaga peradilan tertinggi yang karena itu membuat putusan produk yang dibuatnya harus memenuhi 3 tujuan hukum yaitu kepastian, kemanfaatan dan keadilan. Untuk menguji hal itu maka dibuat penelitian atas salah satu putusan Mahkamah Agung. Rumusan masalah 1. Apa yang menjadi dasar pertimbangan Mahkamah Agung dalam menolak permohonan kasasi yang diajukan pemohon kasasi? 2. Apakah putusan Judex Factie menghukum membayar seluruh sisa hutang dan denda yang dikuatkan secara eksplisit dengan penolakan permohonan kasasi ini telah memenuhi keadilan berdasarkan hukum yang berlaku dan apakah putusan tersebut telah memenuhi rasa keadilan menurut teori – teori keadilan yang ada? Penelitian ini menggunakan metode pendekatan yuridis normatif. Bahan hukum primer putusan Mahkamah Agung yang menjadi objek penelitian dan peraturan perundang-undangan yang berkaitan, bahan hukum sekunder adalah buku dan hasil penelitian sebelumnya. Teknik pengumpulan bahan hukumnya berupa studi kepustakaan dengan mempelajari dan menganalisis isi dari putusan Mahkamah agung yang menjadi objek penelitian serta dasar hukum dan teori lainnya yang berhubungan dengan penelitian. Kemudian dari bahan hukum yang ada dianalis dengan teknik content analysis. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa pertimbangan hakim adalah “alasan – alasan tersebut tidak dapat dibenarkan oleh karena judex facti (Pengadilan Tinggi) tidak salah dalam menerapkan hukum, lagipula pertimbangan hukumnya sudah tepat dan benar”. sehingga permohonan kasasipun ditolak dan atas itu berimplikasi pada penguatan putusan peradilan dibawahnya (judex factie), kemudian atas rumusan masalah ke-2 dianalisa berdasarkan teori keadilan restoratif Aristoteles yang menjadi salah satu rujukan tentang keadilan yang diangkat penulis, putusan ini dinilai belum memenuhi keadilan. Kesimpulannya rumusan masalah ke-1 putusan yang menyatakan menolak permohonan kasasi ini sudah benar. Ke-2 berdasarkan teori-teori yang diangkat penulis maka atas putusan ini penulis menyatakan belum memenuhi rasa keadilan. Saran, demi keadilan, dalam memutuskan suatu perkara hendaknya para hakim juga melihat keadilan yang ada dalam masyarakat, sehingga menghasilkan suatu putusan yang memenuhi rasa keadilan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: CKO Repository
Date Deposited: 24 Mar 2016 04:28
Last Modified: 24 Mar 2016 04:28
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/22071

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo