UMM Institutional Repository

ANALISIS KOHESI DAN KOHERENSI ANTARKALIMAT DALAM WACANA LIPUTAN UTAMA DI MAJALAH DIDAKTIK EDISI XXXIII TAHUN 2014

DWININGSIH, FEBRILIA WAHYU (2015) ANALISIS KOHESI DAN KOHERENSI ANTARKALIMAT DALAM WACANA LIPUTAN UTAMA DI MAJALAH DIDAKTIK EDISI XXXIII TAHUN 2014. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-febriliawa-39601-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-febriliawa-39601-2-babi.pdf

Download (197kB) | Preview

Abstract

Peneliti mengambil judul penelitian analisis kohesi dan koherensi antarkalimat pada rubrik liputan utama di majalah Didaktik karena pada rubrik liputan utama di majalah Didaktik banyak ditemukan variasi penggunaan penanda kohesi dan koherensi, yang fungsinya sebagai alat penghubung antarkalimat yang satu dengan yang lain sehingga membentuk keterkaitan. Dalam penelitian ini bertujuan untuk (1) mendiskripsikan kohesi antarkalimat dalam wacana liputan utama di majalah Didaktik edisi XXXIII tahun 2014, (2) mendiskripsikan koherensi antarkalimat dalam wacana liputan utama di majalah Didaktik edisi XXXIII tahun 2014. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif karena penelitian ini berusaha memberi gambaran penyajian laporan yang berasal dari wacana liputan utama di majalah Didaktik. Kemudian penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif karena data yang dianalisis berupa deskripsi bukan berupa angka-angka atau kofisien tentang hubungan variabel. Data dalam penelitian ini adalah satuan lingual berupa kalimat yang mendukung kepaduan wacana liputan utama ditinjau dari kohesi dan koherensi. Sebab dengan adanya kohesi dan koherensi akan membuat wacana tersebut menjadi wacana yang baik yaitu kohesif dan koherensif. Sumber data penelitian ini adalah media massa cetak “majalah Didaktik”. Wacana liputan utama diteliti karena memuat berita-berita yang sedang berkembang pada saat itu. Liputan utama yang diteliti adalah tulisan berita yang mengandung unsur 5W+1H, dan di dalamnya mencakup fakta dan opini. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan empat jenis sarana kohesi gramatikal, empat jenis sarana kohesi leksikal, dan delapan jenis koherensi. Keempat jenis kohesi gramatikal meliputi referensi, substitusi, elipsis, dan konjungsi. Kemudian keempat jenis sarana kohesi leksikal meliputi repetisi, antonim (kurang-lebih, baik-buruk), sinonim (guru-pendidik, sehat-sportif), dan hiponim (sarana dan prasarana pendidikan-sekolah laboratorium). Selain itu, juga terdapat jenis koherensi meliputi kasualitas (sehingga, maka), kontras (tetapi, namun), aditif (dan), rincian (tuntutan seorang guru (mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi), temporal (sejak, semenjak), perian (adalah, merupakan), posesif (-nya, anak saya), dan kronologis (selanjutnya).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Indonesia Language and Literature Education (88201)
Depositing User: CKO Repository
Date Deposited: 24 Mar 2016 04:10
Last Modified: 24 Mar 2016 04:10
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/22064

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo