UMM Institutional Repository

STRATEGI KESANTUNAN TUTURAN GURU DALAM INTERAKSI PEMBELAJARAN DI SMA NEGERI 4 KOTA MALANG : DENGAN SUDUT PANDANG TEORI KESANTUNAN BROWN DAN LEVINSSON

WIJANARKO, ANJI (2015) STRATEGI KESANTUNAN TUTURAN GURU DALAM INTERAKSI PEMBELAJARAN DI SMA NEGERI 4 KOTA MALANG : DENGAN SUDUT PANDANG TEORI KESANTUNAN BROWN DAN LEVINSSON. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-janjiwijan-40501-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-janjiwijan-40501-2-babipe-n.pdf

Download (216kB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang dibahas dalam penulisan ini, yaitu (1) Bagaimana strategi kesantunan positif tuturan guru bahasa Indonesia dalam interaksi pembelajaran di SMAN 4 Kota Malang? (2) Bagaimana strategi kesantunan negatif tuturan guru bahasa Indonesia dalam interaksi pembelajaran di SMAN 4 Kota Malang? (3) Bagaimana strategi kesantunan tidak langgung (off record) dalam tuturan guru bahasa Indonesia dalam interaksi pembelajaran di SMAN 4 Kota Malang? Tujuan penulisan ini adalah (1) Mendeskripsikan strategi kesantunan positif tuturan guru bahasa Indonesia dalam interaksi pembelajaran di SMAN 4 Kota Malang, (2) Mendeskripsikan strategi kesantunan negatif tuturan guru bahasa Indonesia dalam interaksi pembelajaran di SMAN 4 Kota Malang, dan (3) Mendeskripsikan strategi kesantunan tidak langsung yang digunakan guru bahasa Indonesia dalam interaksi pembelajaran di SMAN 4 Kota Malang. Metode penelitian pada penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan jenis penelitian kualitatif. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan pragmatik. Sebelum memaparkan tentang penerapan strategi kesantunan, terlebih dahulu dianalisis tentang tindak tutur yang meliputi strategi kesantunan, fungsi, dan jenis tindak tutur dalam interaksi pembelajaran dengan metode deskriptif kualitatif. Guru yang menjadi sumber data dan tuturan guru menjadi data yang akan dianalisis berdasarkan strategi kesantunan, fungsi dan jenis tuturan guru. Guru yang dianalisis adalah guru mata pelajaran Bahasa Indonesia. Hasil penelitian ini menemukan bahwa pada tuturan guru dalam interaksi pembelajaran Bahasa Indonesia menerapan strategi kesantunan positif. Penggunaan strategi ditemukan baik pada kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan akhir pembelajaran. Strategi kesantunan positif yang sering muncul adalah strategi 2 dengan fungsi tuturan kolaboratif dan jenis tuturan asertif. Penerapan strategi kesantunan negatif diterapkan guru pada tuturannya dalam interaksi pembelajaran Bahasa Indonesia. Penggunaan strategi kesantunan negatif ditemukan baik pada kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan akhir pembelajaran. Strategi kesantunan negatif yang sering muncul adalah strategi 1 dengan fungsi tuturan kompetitif dan jenis tuturan direktif. Penerapan strategi kesantunan tidak langgung diterapkan guru pada tuturannya dalam interaksi pembelajaran Bahasa Indonesia. Penggunaan strategi kesantunan tidak langgung ditemukan baik pada kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan akhir pembelajaran. Penggunaan strategi memang jarang ditemukan namun strategi yang sering muncul adalah strategi 2 dengan fungsi tuturan kolaboratif dan jenis tuturan asertif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Indonesia Language and Literature Education (88201)
Depositing User: CKO Repository
Date Deposited: 24 Mar 2016 03:23
Last Modified: 24 Mar 2016 03:23
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/22041

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo