UMM Institutional Repository

ANALISIS DISPARITAS PENDAPATAN ANTAR KABUPATEN/KOTA DI JAWA TIMUR TAHUN 2008 – 2013

KHUSNAH, LAILATUL (2015) ANALISIS DISPARITAS PENDAPATAN ANTAR KABUPATEN/KOTA DI JAWA TIMUR TAHUN 2008 – 2013. Other thesis, university of muhammadiyah malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-lailatulkh-39871-1-pendahul-n.pdf

Download (721kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-lailatulkh-39871-2-babi.pdf

Download (210kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini menjelaskan tentang tingkat disparitas pendapatan antar Kabupaten/Kota di Jawa Timur pada tahun 2008-2013. Pembangunan dan pertumbuhan ekonomi bagaikan dua sisi mata uang, saling melengkapi untuk mewujudkan kesejahteraan. Pembangunan ekonomi tidak dapat diukur semata-semata dari tingkat pertumbuhan pendapatan atau pendapatan perkapita, namun harus pula dilihat bagaimana pendapatan tersebut didistribusikan kepada penduduk dalam arti siapa yang mengenyam hasil pembangunan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat disparitas pendapatan antar Kabupaten/Kota di Jawa Timur, kemudian mengetahui pengaruh Dana Alokasi Umum, Produk Domestik Regional Bruto dan tenaga kerja terdidik terhadap disparitas pendapatan antar Kabupaten/Kota di Jawa Timur dan pembuktian hipotesis kuznets di Jawa Timur. Teknik analisis yang digunakan adalah Indeks Entropy Theil untuk mengukur disparitas pendapatan, kemudian regresi linear berganda dengan metode Random Effects Model (REM), analisis Trend pertumbuhan ekonomi terhadap disparitas pendapatan di Jatim sebagai pembuktian hipotesis kuznet serta analisis korelasi untuk mengetahui hubungan antara pertumbuhan ekonomi dan disparitas pendapatan di Jawa Timur. Hasil penelitian menunjukan disparitas pendapatan rata-rata kabupaten/kota di jawa timur adalah tinggi. Secara simultan variabel DAU, PDRB dan Tenaga Kerja Terdidik signifikan terhadap disparitas pendapatan antar Kabupaten/Kota di Jawa Timur pada tahun 2008-2013. Kemudian, secara parsial Dana Alokasi Umum berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Indeks Entropy Theil (IET), sedangkan produk domestik bruto berpengaruh positif dan signifikan terhadap Indeks Entropy Theil (IET). Namun, tenaga kerja terdidik berpengaruh negative tidak signifikan terhadap Indeks Entropy Theil (IET). Indeks Entropy Theil merupakan suatu tolok ukur yang menggambarkan tingkat disparitas (kesenjangan) distribusi tingkat disparitas (kesenjangan) distribusi pendapatan regional yang penyebabnya sangat kompleks baik dari aspek ekonomi maupun sosial dan lainnya. Maka diperlukan penelitian mendalam secara teoritis maupun empiris dalam mengupas disparitas pendapatan antar wilayah agar kue pendapatan nasional maupun regional dapat didistribusikan secara merata.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Faculty of Economics > Department of Development Economics (60201)
Depositing User: CKO Repository
Date Deposited: 24 Mar 2016 03:01
Last Modified: 24 Mar 2016 03:01
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/22029

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo