UMM Institutional Repository

ANALISIS DIKSI LIRIK LAGU-LAGU YANG DINYANYIKAN PADA ACARA YUK KEEP SMILE (YKS) PROGRAM TELEVISI TRANS TV

MAULIDA, SHEILA MUADHATUL (2015) ANALISIS DIKSI LIRIK LAGU-LAGU YANG DINYANYIKAN PADA ACARA YUK KEEP SMILE (YKS) PROGRAM TELEVISI TRANS TV. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-sheilamuad-38997-1-pendahul-n.pdf

Download (360kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-sheilamuad-38997-2-4babi-x.pdf

Download (184kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai penggunaan aspek leksikal dan pemaknaanya pada lirik lagu yang dinyanyikan pada acara Yuk Keep Smile (YKS) Program Televisi Trans TV. Hal tersebut dilandasi alasan bahwa, lagu merupakan unsur bunyi bahasa yang didendangkan oleh seorang penyanyi berdasarkan tinggi rendahnya suara (not). Kemudian ditetapkan dalam program televisi yang berjudul “YKS” karena pada saat itu program televisi “YKS” sangat popular dikalangan masyarakat. Selanjutnya wacana tekstual lirik lagu dapat dikaji dari segi aspek leksikal. Berdasarkan latar belakang di atas, permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah wujud aspek leksikal lirik lagu yang dipopulerkan pada program YKS Trans TV, dan makna yang terkandung dalam lagu yang dipopulerkan oleh YKS. Manfaat penelitian ini adalah, secara teoritis sebagai sarana wawasan tentang lirik lagu khususnya ditinjau pada aspek leksikal dan pemaknaan di dalamnya, dan secara praktis hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai salah satu penambah wawasan bagi masyarakat tentang penggunaan aspek leksikal pada lirik lagu dan makna yang terkandung dalam lirik lagu tersebut. Penelitian ini bersifat deskriptif, karena data yang dikumpulkan adalah berupa kata-kata dan bukan angka-angka. Data tersebut berupa lirik lagu Oplosan, Kereta Malam, Buka Dikit jos, Simalakama. Penelitian ini mengkaji aspek leksikal yang meliputi repetsi (perulangan), sinonim (padanan kata), antonim (lawan kata), kolokasi (sanding kata), ekuivalensi (kesepadanan bentul), dan hiponim (hubungan atas bawah). Dalam hasil penelitian menggambarkan bahwa keseluruhan lagu yang dipopulerkan dalam YKS program acara Trans TV banyak menggunakan aspek leksikal, dapat dibuktikan bahwa dalam satu frasa ataupun satu kalimat dapat mengandung lebih dari satu aspek leksikal yang saling melengkapi untuk menunjang keindahan lagu tersebut. Pada lagu Oplosan mengisahkan mengenai seruan untuk berhenti meminum-minuman keras, kemudian pada lagu Kereta Malam menceritakan mengenai perjalanan seorang cucu ke rumah neneknya di Surabaya, sedangkan lagu Buka Dikit Jos menceritakan mengenai penyanyi dangdut yang identik menggunakan pakaian minim saat pementasan, dan Simalakama menceritakan mengenai kebingungan seorang lelaki yang hendak dijodohkan orang tuanya tetapi dia memiliki kekasih yang sudah menemaninya terlebih dahulu.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Indonesia Language and Literature Education (88201)
Depositing User: CKO Repository
Date Deposited: 24 Mar 2016 01:50
Last Modified: 24 Mar 2016 01:50
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/22009

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo